Perkembangan kognitif sangat penting untuk pertumbuhan anak. Hal ini menggambarkan bagaimana otak anak berkembang dan juga mempengaruhi area lain dari perkembangan anak, termasuk bahasa dan keterampilan sosial. Untuk itu, Mam perlu mendorong perkembangan kognitif anak segera setelah ia lahir.

Hal tersebut diperlukan untuk memberikan dasar bagi keberhasilan anak di sekolah dan di kemudian hari.  Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang dapat membedakan suara pada usia enam bulan lebih baik dalam memperoleh keterampilan untuk belajar membaca pada usia empat dan lima tahun.

Apa itu Perkembangan Kognitif?

Anak-anak tumbuh dan berkembang pesat dalam lima tahun pertama mereka di empat bidang utama perkembangan. Area-area tersebut adalah motorik (fisik), bahasa dan komunikasi, kognitif dan sosial/emosional. Perkembangan kognitif anak berarti bagaimana anak-anak berpikir, mengeksplorasi dan mencari tahu. Ini adalah pengembangan pengetahuan, keterampilan, pemecahan masalah, yang membantu anak-anak untuk berpikir dan memahami dunia di sekitar mereka.  

Perkembangan kognitif anak
Perkembangan kognitif anak

Bagaimana Mendukung Perkembangan Kognitif Anak?

Di masa tumbuh kembang, si Kecil memiliki rasa ingin tahu terhadap hal-hal baru di sekitarnya. Penting bagi Mam untuk secara aktif terlibat dalam interaksi berkualitas setiap hari dengan sang buah hati. Contohnya meliputi:

  • Berbicara dengan anak dan menamai benda-benda yang biasa digunakan.
  • Biarkan anak Anda menjelajahi mainan dan bergerak.
  • Bernyanyi dan membaca untuk si Kecil.
  • Mengeksplorasi anak dengan mengenalkannya ke buku dan teka-teki.
  • Memperluas minat anak Anda dalam kegiatan belajar tertentu. Misalnya, balita Anda mungkin menunjukkan minat awal pada dinosaurus, sehingga Anda dapat membawanya dalam perjalanan ke museum sejarah alam untuk mempelajari lebih lanjut tentang waktu makhluk-makhluk ini berkeliaran di bumi.

Terdapat faktor yang mempengaruhi dalam perkembangan kognitif anak, yakni di antaranya usia, jenis kelamin, ras budaya, serta asupan nutrisi. Selain Mam harus aktif menemani si Kecil mengeksplorasi dunianya, Mam juga perlu memastikan si Kecil mendapat asupan nutrisi yang tepat. Asupan nutrisi yang tepat dapat mendukung proses belajar si Kecil di masa tumbuh kembangnya. 

Bila perlu, Mam dapat memberikan S-26 NutriSure GOLD. Dengan kandungan mikronutrien, protein dan makronutrien, S-26 NutriSure GOLD  menjadi pendukung anak usia 1-10 tahun yang berisiko gizi kurang karena susah makan. S-26 NutriSure GOLD hadir dalam kemasan softpack 400 gram dan kaleng 900 gram. Apabila si Kecil sudah tidak mengalami susah makan, dapat dilanjutkan dengan Susu Pertumbuhan S-26 Procal GOLD untuk anak usia 1-3 tahun dan S-26 Promise GOLD untuk anak usia 3-12 tahun.

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *