Minyak ikan merupakan asupan nutrisi yang kaya omega 3. Para ahli menyebutkan bahwa omega 3 dari minyak ikan menawarkan lebih banyak manfaat bagi kesehatan dibandingkan omega 3 dari tumbuhan.

Anda bisa memberikan 1 hingga 2 porsi ikan setiap minggu kepada si Kecil sesuai saran dari WHO atau Badan Kesehatan Dunia. Adapun manfaat minyak ikan untuk anak di antaranya yaitu:

  • Menurunkan Gangguan Tidur

Gangguan tidur sering terjadi pada anak-anak usia di bawah 18 tahun. Ada setidaknya 4% anak yang mengalami gangguan tidur pada usia tersebut.

Salah satu penyebabnya yaitu kadara omega 3 di darah yang rendah. Karena hal tersebut, minyak ikan yang kaya omega 3 bisa meningkatkan kualitas tidur.

  • Mengurangi Peradangan

Salah satu kandungan dalam minyak ikan adalah bahan anti-radang yang mampu menurunkan sitokin. Sitokin sendiri adalah senyawa peradangan yang dimiliki oleh orang-orang yang sedang mengalami stress atau obesitas. Selain peradangan, minyak ikan juga bisa mengurangi nyeri sendi.

  • Meningkatkan Fungsi Otak dan Mood

Manfaat minyak ikan untuk anak selanjutnya yaitu meningkatkan fungsi otak dan mood. Hal tersebut lantaran kandungan omega 3 yang ada di dalamnya memang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak serta mood, khususnya dalam hal memori, pembelajaran, dan perkembangan otak.

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain omega 3, minyak ikan juga mengandung vitamin D yang tinggi. Oleh sebab itu, minyak ikan bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. Anak yang terpenuhi asupan minyak ikan, memiliki tulang yang lebih sehat dan kuat.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Minyak ikan memiliki kandungan DHA yang berfungsi untuk meningkatkan penglihatan si Kecil. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A yang memang sudah dikenal secara luas bermanfaat untuk kesehatan mata.

Itulah beberapa manfaat minyak ikan untuk anak yang perlu Anda ketahui. Namun pemberian suplemen minyak ikan harus disesuaikan dengan anjuran dokter. Selain dengan suplemen, susu pertumbuhan juga mengandung minyak ikan.

Nestle Lactogrow adalah salah satu susu pertumbuhan yang mengandung minyak ikan. Anda bisa memberikan Lactogrow 3 pada si Kecil yang berusia 1-3 tahun dan Lactogrow 4 pada anak usia pra sekolah. 

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *