Bagi kaum wanita berlian merupakan barang berharga, yang membuatnya percaya diri ketika memakainya. Biasanya berlian ini dipakai oleh wanita pada saat di acara atau pesta tertentu seperti pernikahan, ulang tahun atau berbagai event yang lainnya. Mengenai desain dan jenis yang dimilikinya tentu saja perhiasan berlian wanita ini ada banyak sekali. 

Karena berlian ini merupakan barang yang mahal, maka sebaiknya ketika membeli perhiasan berlian wanita haruslah diteliti dengan hati-hati dan seksama. 

Cara Memilih Perhiasan Berlian Wanita Dengan Benar

perhiasan berlian wanita
perhiasan berlian wanita

Cutting atau Asahan

Walaupun berlian mempunyai ukuran yang besar, akan tetapi kalau tidak diasah dengan tepat dan presisi akan kehilangan nilainya. Dalam hal ini setidaknya terdapat 3 jenis cutting yaitu shallow cut/ asahan dangkal, deep cut/ asahan terlalu dalam, dan yang terakhir ini merupakan terbaik di antara lainnya yaitu excellent cut, yang tentu saja bisa memantulkan cahaya dengan cukup sempurna.

Clarity atau Kejernihan

Cara memilih selanjutnya dengan Anda mengetahui clarity atau kejernihannya, semakin tinggi kejernihan suatu berlian maka akan semakin tinggi pula niali berlian tersebut. Anda bisa memperhatikan apakah berlian tersebut mengalami proses tertentu untuk meningkatkan kejernihannya. Dalam hal ini tentu saja terdapat beberapa berlian yang ada dipasaran yang mempunyai pengisian retakan/facet dengan zat-zat yang tidak berwarna hal tersebut biasanya untuk menyembunyikan retakan, kemudian ada juga yang memakai laser untuk mengurangi adanya iklusi/ tanda alam hal ini biasanya digunakan untuk meningkatkan penampilan dari berlian tersebut.

Bentuk berlian

Berikutnya kita memilih dari bentuk berlian, bisa memilih untuk kesan tangan ramping dan bagi pemilik jari kecil, berlian yang memiliki ukuran kecil dengan princes cut tentu saja lebih cocok digunakan.

Jika Anda memiliki tangan yang panjang maka bisa memilih bentu seperti oval, pear ataupun bisa memilih yang marquise. Kemudian kalau Anda memiliki ukuran jari yang besar maka bisa memilih fancy diamond shape. Kemudian jika menginginkan tampilan yang lebih proporsional dan memiliki jari yang panjang dan kurus maka bisa memilih bentik berlian seperti fancy, square, atau round yang memiliki bentuk lebih tebal atau lebih dari satu barisan.

Warna Berlian

Berkaitan dengan nilai berlian ini juga dipengaruhi ileh warna berlian, sebenarnya ada beberapa jenis warna berlian menurut standar Internasional. Diantaranya yaitu warna berlian putih/ bening yaitu memiliki kelompok tingkat warna D, E, dan F, selebihnya dari G hingga Z warnanya semakin kuning keruh. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk fancy diamond yang secara alami memiliki warna kuning, pink, atau berwarna hijau.

Berat Carat (Carat Weight)

Berat berlian disini berbeda dengan besar dari sebuah berlian, melainkan berat disini merupakan berat dari berlian itu sendiri, bukan seberapa besar berlian itu. Satu karat berlian ini setara dengan 200 miligram, ini tergantung dengan bentuk berlian dan bagaimana berlian itu diasah. Kalau terdapat dua buah berlian yang sama-sama 1 carat, maka bisa saja mempunyai besar yang berbeda. Walaupun carat weight ini sebagai elemant yang dipertimbangkan untuk membeli berlian, akan tetapi keseluruhan tampilan dan kecemerlangannyalah yang seharusnya dalam hal ini lebih penting.

Alami atau Sintesis

Perlu untuk Anda ketahui bahwa berlian ini ada 2 jenis yaitu alami dan sintesis, kalau alami ini berasal dari kerak bumi yang sangat dalam kalau yang sintesis ini merupakan berlian yang dibuat di laboratorium, dalam hal ini biasanya dapat Anda ketahui dari segi  harga yang lebih rendah jika dibandingkan dari perhiasan berlian asli yang berasal dari tambang.

Sertifikasi Berlian

Berlian yang asli biasanya memiliki sertifikat, tidak ubahnya seperti akta kelahiran. Disana ada informasi lengkapnya.

Nah jika Anda ingin membeli berlian maka beberapa hal diatas bisa menjadi pedoman untuk membeli perhiasan berlian wanita maka langkah diatas bisa menjadi referensi.

Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *