Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan terbaik yang bisa dijadikan sebagai Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Pasalnya kacang berbentuk bulat ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga bisa mencegah anemia pada anak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah kacang hijau penambah darah sebagai MPASI, di antaranya yaitu:

Merebus Kacang Hijau yang Telah Dikupas

Kacang hijau yang ingin dijadikan sebagai MPASI sebaiknya sudah dikupas terlebih dahulu sehingga warnanya menjadi kuning bukan hijau. Anda bisa mengupas sendiri kulitnya dengan cara merendam kacang selama kurang lebih 1-2 hari. Setelah kupas kemudian rebus dan berikan pada si Kecil yang berusia di atas 8 bulan.

kacang hijau penambah darah
kacang hijau penambah darah

Jadikan Sebagai Bubur

Cara mengolah kacang hijau penambah darah sebagai MPASI selanjutnya yaitu dengan menjadikan sebagai bubur. Tidak perlu menggunakan kacang yang telah dikupas, Anda bisa menggunakan kacang yang masih berwarna hijau. Rebus terlebih dahulu hingga kacang menjadi empuk. Setelah itu tiriskan dan dinginkan, lalu jadikan bubur dengan cara memblender atau menggunakan food processor

Haluskan Menggunakan Sendok

Tidak memiliki blender atau food processor di rumah? Tenang saja, Anda bisa menggunakan sendok untuk menghaluskan kacang hijau. Dibandingkan dengan blender, tekstur bubur ini biasanya lebih kasar. Oleh sebab itu, pastikan si Kecil mampu mencernanya dengan baik apabila menggunakan cara ini. Biasanya anak usia 8 bulan ke atas sudah mampu menerima MPASI yang lebih kasar.

Campurkan dengan Buah-buahan

Kacang hijau ternyata juga bisa disajikan bersamaan dengan buah-buahan. Jadi si Kecil bisa mendapatkan manfaat lebih dari adanya buah-buahan tersebut. Beberapa jenis buah yang bisa digunakan yaitu pisang, kurma, dan stroberi.

Itulah cara mengolah kacang hijau penambah darah sebagai MPASI. Jika tidak sempat membuat MPASI dari kacang hijau, Anda bisa memilih Nestle CERELAC Bubur Sereal Kacang Hijau. Tidak hanya rasanya saja yang seperti kacang hijau, namun kandungannya juga seperti kacang hijau. Pasalnya Nestle CERELAC Bubur Sereal Kacang Hijau dibuat dari bahan alami yang telah dikeringkan.

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *