Memantau perkembangan dan tumbuh kembang si Buah Hati, tentu menjadi hal yang sangat penting bagi setiap orang tua.  Hal ini juga sangat penting untuk mengetahui setiap pencapaian Buah Hati Bunda dalam setiap tahapan tumbuh kembangnya. Tahap perkembangan anak yang berjalan sesuai dengan usia Buah Hati tentu adalah kebanggaan setiap orang tua. Untuk itu, peran orang tua dalam mendukung tumbuh kembang Buah Hati sangatlah penting agar anak bisa tumbuh berkembang dengan optimal.

Dalam setiap tahapan perkembangan anak, tentu terdapat berbagai aspek yang menyertainya. Dimana pencapaian setiap anak dalam tahapan tumbuh kembangnya berbeda-beda. Namun, Bunda perlu mengetahui bagaimana tahapan tumbuh kembang dan pencapaian si Buah Hati yang berhasil dilakukan.

Berikut ini tahapan tumbuh kembang anak yang perlu diketahui dengan baik.

Tahap perkembangan anak
Tahap perkembangan anak
  • Aspek motorik kasar

Dari segi aspek motorik kasar, anak yang telah berusia 1 tahun ke atas sudah bisa untuk berdiri tegak tanpa bantuan orang lain. Si Buah Hati juga sudah mulai berjalan secara perlahan.

  • Aspek motorik halus

Dari segi aspek motorik halus, perkembangan si Buah Hati ditandai dengan kemampuan untuk mengambil benda di sekitarnya. Buah Hati juga mulai bisa menggenggam benda di tangan.

  • Kemampuan bahasa dan komunikasi

Si Buah Hati sudah mulai bisa merespons berbagai pertanyaan yang diberikan kepadanya.  Buah hati juga telah mampu melakukan beberapa gerakan tubuh yang sederhana seperti menganggukkan kepala atau menggoyangkan tangan.

  • Kemampuan kognitif

Perkembangan kemampuan kognitif Buah Hati yaitu sudah bisa diberi suatu arahan. Seperti misalnya, Buah Hati sudah bisa untuk memindahkan atau menyimpan beberapa barang. 

  • Kemampuan sosial dan emosional

Perkembangan sosial dan emosional anak ditandai dengan Buah Hati yang bisa merespons ketika diajak bicara oleh orang lain. Seperti misalnya dengan senyum atau lambaian tangan.

Peran orang tua dalam mendukung tahapan perkembangan anak yang berjalan optimal sangatlah penting. Untuk itu, optimalkan setiap tahapan tumbuh kembang si Buah Hati dengan memenuhi asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya. Berikan si Buah Hati makanan yang bergizi seimbang, dan lengkapi kebutuhan nutrisinya dengan susu pertumbuhan.

Bunda bisa memberikan Buah Hati asupan nutrisi tambahan dengan susu DANCOW. Susu pertumbuhan DANCOW dilengkapi dengan Nutritods yang baik untuk Si Buah Hati. Dengan kandungan 0 gram sukrosa dan lebih banyak laktosa, serta tinggi zinc, Vitamin B6, B12, omega 3 dan 6, bantu penuhi kebutuhan nutrisi Buah Hati. Terus dukung tumbuh kembang Buah Hati Bunda dengan DANCOW Nutritods.

Categories: ibu dan anak

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *