Pada masa awal kehidupan si kecil memang cukup sering mengalami masalah dengan pencernaannya. Hal tersebut memang lumrah terjadi karena si kecil masih belum sempurna dalam berkembangnya pencernaannya. Orang tua tidak perlu khawatir karena hal tersebut dengan seiringnya waktu berjalan akan sempurna sendiri.

Akan tetapi orang tua jangan menunggu anak sakit dulu, tapi alangkah baiknya orang tua memberikan pencegahan terlebih dahulu. Selain terus dalam memberikan ASI eksklusif pada usia 6 bulan pertama, orang tua juga bisa memberikan asupan pendamping lainnya untuk kesehatan pencernaan anak anda. Jika pencernaan sehat tentu anak dalam tumbuh kembangnya bisa lebih optimal.

Terdapat beberapa cara yang bisa orang tua lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan pencernaan anak tetap terjaga dan juga sehat tentunya, antaranya sebagai berikut : 

Pencernaan Sehat
Pencernaan Sehat
  • Memijat bayi

Memijat memang merupakan salah satu cara untuk kesehatan pencernaan anak. Orang tua bisa melakukan pemijatan pada anak dengan cara memutar searah jarum jam  yang kemudian dilanjut dengan memijat dan mengarahkan ke bawah perut anak secara lembut. Namun untuk masalah memijat ini orang tua perlu sedikit hati – hati, usahakan dalam memijat bayi tidak boleh terlalu kencang. 

  • Mengompres air hangat perut anak

Cara yang kedua adalah bisa dengan menggunakan air hangat serta handuk bersih, dan kalian bisa merendam handuk tersebut dalam sebuah mangkuk yang berisi dengan air hangat, selanjutnya bisa kalian peras dan diamkan pada perut bayi. Hal tersebut bisa kalian 2 sampai 3 kali. Agar pencernaan sehat pada anak orang tua jangan memberikan air terlalu panas.

  • Memperhatikan posisi bayi saat menyusui

Menyesuaikan beberapa posisi badan anak ketika menyusui cukup penting untuk dilakukan agar pencernaan anak selalu terjaga. Dengan posisi yang sesuai anak akan dapat mengatasi beberapa kesulitan dalam pencernaan seperti dalam proses refluks asam pada anak. Dengan memposisikan secara tegak selama proses menyusui agar ASI yang diminum oleh anak tidak kembali ke tenggorokan. Dan penting untuk diingat ketika anak selesai menyusui untuk menegakkan posisi bayi selama 30 menit. 

Dan selanjutnya agar pencernaan sehat pada anak orang tua bisa memberikan asupan nutrisi pendamping seperti susu Lactogrow yang dilengkapi dengan nutrisi, mineral dan vitamin untuk membantu proses tumbuh kembang anak secara optimal.

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *