Wednesday, 18 July 2018

Perkembangan Bahasa Anak di Masa Pertumbuhan

  • Category: Bisnis
  • Last Updated on Friday, 12 January 2018 04:26
  • Published on Friday, 12 January 2018 04:25
  • Written by dhinigilang
  • Hits: 443
  • 12 Jan

Perkembangan psikososial berkaitan dengan aspek-aspek psikologis, seperti emosi, motivasi, perkembangan diri pribadi, serta bagaimana si Kecil berhubungan juga berinteraksi dengan orang lain. Pada fase tumbuh kembang anak ini, si Kecil juga mulai belajar bertanggung jawab dan mengendalikan perasaannya.

Beberapa ciri perkembangan pada batita tentunya sudah mulai bisa tersenyum, berceloteh, lebih menyukai ibu, merespon bila namanya dipanggil, senang diajak bermain, dan memahami perintah sederhana. Oleh sebab itu, jika proses tersebut sedang dialami anak, dukung proses pertumbuhannya dengan susu pertumbuhan anak yaitu dancow.  

Tahap tumbuh kembang anak meliputi kemampuan berbicara dan berbahasa merupakan hal kompleks yang memang dialami oleh anak. Kemampuan berbahasa dapat menjadi indikator seluruh perkembangan anak. Melalui kemampuan berbahasa si Kecil, anda dapat mendeteksi keterlambatan ataupun kelainan pada sistem lain, seperti kemampuan kognitif, sensorimotor, psikologis, emosi, dan lingkungan di sekitar anak.

Agar proses belajar bicaranya lancar dalam masa pertumbuhan, susu pertumbuhan anak yang mengandung gizi dan nutrisi lengkap seperti susu Dancow akan mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Adapun beberapa ciri perkembangan bahasa pada batita bisa dikenal sebagaimana menurut pakar anak dan ahli kesehatan anak diantaranya adalah.

  1. Anak yang berusia 0-12 bulan sudah bisa merespon terhadap suara, menunjukkan ketertarikan sosial terhadap wajah dan orang, babbling (mengulang konsonan/vokal), memahami perintah verbal, dan mampu menunjuk ke arah yang diinginkan.

  2. Anak yang berusia 12-24 bulan sudah mampu memproduksi dan memahami kata-kata tunggal, mampu menunjuk bagian-bagian tubuh, perbendaharaan kata meningkat pesat, dan mampu mengucapkan kalimat yang terdiri dari 2 kata atau lebih.

  3. Anak yang berusia 24-36 bulan sudah memiliki pemahaman yang baik terhadap percakapan yang familiar (misalnya oleh keluarga), mampu melakukan percakapan melalui tanya-jawab, dan mampu bertanya “mengapa” serta lain sebagainya.

 

Demikian ulasan mengenai perkembangan bahasa anak di masa pertumbuhannya. Dukung bicara anak agar lancar dengan asupan gizi dan nutrisi yang ada pada susu dancow yaitu susu pertumbuhan anak.