Thursday, 19 October 2017

Rumus Paling Mudah Mengajarkan Belajar Berhitung Pada Anak

  • Category: Bisnis
  • Last Updated on Monday, 24 October 2016 09:18
  • Published on Monday, 24 October 2016 09:18
  • Written by dhinigilang
  • Hits: 416
  • 24 Oct

belajar berhitung

Matematika seringkali dianggap sebagai sebuah pelajaran yang sangat sulit, jika orang tua tidak mengajarkannya sejak dini dan hanya mengandalkan pelajaran di sekolahnya, maka anak kemungkinan akan kesulitan memahami berbagai konsepnya saat sekolah. Sejak kecil, orang tua bisa mengajarkan Belajar berhitung secara sederhana, sehingga anak akan semakin terbiasa dengan aktivitas berhitung, dan tidak akan merasakan kesulitan saat harus belajar matematika di saat sekolah.

Terkadang pelajaran matematika juga menjadi indikator kecerdasan anak, saat anak mampu menguasai pelajaran yang selalu melibatkan angka, maka anak biasanya akan mampu menguasai pelajaran lainnya, begitupun sebaliknya. Maka mengajarkan pelajaran ini sejak dini menjadi keharusan bagi semua orang tua. Untuk memudahkan anda, berikut ini beberapa cara mudah mengajarkan berhitung pada buah hati.

  1. Berhitung menggunakan jari

Belajar berhitung dengan jari sejak dulu sudah banyak digunakan. Kali ini anda bisa melakukannya untuk menghitung perkalian 6,7,8,9. Seperti contoh untuk menghitung 7 x 8 dilakukan dengan cara 10-7 = 3, jadi jari tangan kiri anda menunjukkan angka satuan, 2 jari di tangan kanan juga menunjukkan angka satuan. 2x3 = 6, jadi jawabannya untuk angka satuan adalah 6. Jari di bawah ditambahkan (2+3) adalah 5, sehingga angka puluhannya 5 dan jawabannya adalah 56.

 

  1. Mengajarkan penjumlahan dan pengurangan

Belajar berhitung pertambahan angka, anda bisa mengajarkan perhitungan maju, seperti pada soal 4+3, anda bisa mengajarkan simpan 4 di kepala, dan 3 di jari, selanjutnya anak menyebutkan angka setelah angka 4 sebanyak 3 langkah dengan perhitungan maju, dan hasilnya adalah 7.

 

Untuk materi pengurangan, anda bisa memulai mengajarkan menghitung mundur mulai dari 5,4,3,2,1 jika sudah terbiasa, anda bisa mulai dari 6 ke 1, dan seterusnya dimulai dari 7 ke 1, hingga dari 10 ke 1. Untuk menghitung 7-4 misalnya, anda bisa mengajarkannya dengan 7 di kepala, 4 di jari, dan cara mengetahui hasilnya adalah dengan menghitung mundur. Sebanyak 4 langkah, maka hasilnya adalah 3.


Itulah 2 cara sederhana mengajarkan Belajar berhitung pada buah hati, semoga bermanfaat.