Sunday, 20 August 2017

Bagaimana Memahami Asuransi Mobil All Risk Dengan Baik

  • Category: Bisnis
  • Last Updated on Wednesday, 05 October 2016 06:35
  • Published on Wednesday, 05 October 2016 06:35
  • Written by dhinigilang
  • Hits: 332
  • 05 Oct

asuransi mobil all risk.docx

Saat anda akan mengasuransikan mobil yang dimiliki maka ada jenis asuransi untuk mobil yang memberikan perlindungan yang berbeda, yaitu jenis perlindungan asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil TLO (total lost only). Kedua jenis asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga dalam penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan akan asuransi mobil itu sendiri.

Khusus untuk asuransi mobil all risk, asuransi ini dapat dibilang sebagai jenis asuransi untuk mobil yang paling lengkap dibandingkan dengan TLO. Akan tetapi pemahaman yang kurang baik terhadap asuransi all risk terkadang menyababkan salah pengertian yang berdampak pada asuransi all risk itu sendiri. Diantara kesalahan yang sering terjadi pada asuransi mobil all risk yaitu sebagai berikut.

 

  1. Anggapan akan asuransi mobil seperti investasi. Hal ini memunculkan suatu pemikiran bahwa ketika suatu asuransi mobil tidak terjadi klaim maka premi yang sudah dibayarkan bisa kembali lagi seperi investasi. Padahal hal tersebut tidak bisa terjadi pada jenis asuransi mobil.

  2. Adanya pendapat dengan asuransi all risk dapat menaikan harga jual mobil. Hal ini tidak bisa terjadi karena yang namanya asuransi tidak bisa berpindah tangan. Polis yang ada pada mobil hanya berlaku untuk nama yang tercatat disana, sehingga ketika mobilnya dijual maka polis asuransinya akan batal dengan sendirinya.

  3. Anggapan dengan all risk yang lebih dari satu bisa melakukan dobel klaim. Hal ini tidak bisa dilakukan karena meskipun mempunyai dua jenis asuransi maka saat pengajuan klaim tidak bisa diajukan untuk mobil yang dalam pertanggungan sama.

  4. Anggapan akan harga premi untuk asuransi mobil bekas lebih murah. Untuk hal ini dalam penentuan besaran premi tidak akan berpengaruh kepada mobilnya bekas atau baru. Karena besaran premi akan meruju kepada harga pasar yang berlaku berdasarkan situasi dan kondosinya.

  5. Jaminan akan pihak ketiga. Ada anggapan bahwa untuk jaminan hukum pihak ketiga ketika memiliki asuransi all risk tekah tertanggung. Padahal untuk jaminan hukum pihak ketiga maka dalam asuransi all risk harus mengalami perluasan jaminan, sehingga jika tidak ada perluasan jaminan maka hal tersebut tidak berlaku.