Friday, 26 April 2019

Komponen-Komponen Pengaman Pada Panel Listrik Yang Wajib Diketahui

  • Category: Umum
  • Last Updated on Tuesday, 26 April 2016 13:38
  • Published on Tuesday, 26 April 2016 13:36
  • Written by dhinigilang
  • Hits: 1119
  • 26 Apr

Listrik merupakan sebuah aliran yang sangat berbahaya bagi seorang manusia, karena jika sampai terkena kulit manusia maka itu bisa menyebabkan terbakar bahkan jika tegangan tinggi bisa menyebabkan kematian. Untuk itu agar aliran listrik bisa aman dari manusia atau pun terhindar dari musibah yang lainnya seperti kebakaran, maka dibutuhkan komponen pengaman daya listrik tersebut.  Di dalam sebuah panel listrik tentunya dilengkapi dengan pengaman daya listrik, salah satu komponen pengaman tersebut yaitu seperti box panel listrik. Box ini letaknya di luar sebagai pembungkus dari komponen lainnya yang dilengkapi dengan rangkaian rangkaian panel itu sendiri.

 

Komponen-Komponen Pengaman Pada Panel Listrik Yang Wajib Diketahui

Namun selain box panel listrik, masih ada lagi alat pengaman yang dilengkapi pada sebuah panel listrik yaitu yang disebut dengan MCCB. Komponen ini merupakan sebuah alat pengaman yang memiliki dua fungsi yaitu selain pengaman juga sebagai penghubung.

 

Komponen ini mengamankan hubungan singkat serta beban berlebih, yaitu dengan memutus aliran yang bisa diatur sesuai dengan keinginan. Kemudian ada juga yang disebut dengan MCB yang merupakan alat pengaman dari aliran arus singkat serta beban berlebih, yang mana caranya yaitu dengan memutuskan aliran secara otomatis. Selanjutnya yang disebut dengan NFB, sebenernya kegunaannya hampir sama dengan dua komponen di atas.

 

Namun kelebihan dari NFB ini bisa memutuskan dan menghubungkan aliran tanpa sikring yang diakibatkan oleh hubungan singkat listrik. Selain itu ada juga yang disebut dengan Fuse, merupakan rangkaian listrik yang disusun secara seri. Cara kerjanya yaitu ketika ada aliran yang melebihi kapasitas, maka elemen-elemen yang ada di dalam fuse akan terbakar kemudian meleleh dan secara otomatis akan memutus aliran tersebut.

 

Beberapa komponen pengaman yang ada di dalam sebuah panel listrik tersebut penting sekali anda ketahui, yang mana tujuannya agar anda bisa memastikan apakah alat tersebut bisa aman digunakan atau tidak. Untuk itu ketika anda hendak membelinya, sebaiknya pastikan penyedianya menawarkan berbagai komponen yang berkualitas serta lengkat. Dan Jika anda ingin mendapatkan panel listrik serta komponen-komponen yang berkualitas maka anda bisa mendapatkannya di egatek.