Sunday, 21 April 2019

Cara Sederhana Melatih Motorik Anak

  • Category: Umum
  • Last Updated on Monday, 30 October 2017 16:09
  • Published on Monday, 30 October 2017 16:09
  • Written by dhinigilang
  • Hits: 461
  • 30 Oct

motorik anak

Untuk melatih kecerdasan motorik anak, dibutuhkan pelatihan dan rangsangan agar dapat berkembang dengan baik. Selain itu anak juga membutuhkan nutrisi yang baik untuk mendukung rangsangan tersebut sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Memiliki anak yang cerdas merupakan keinginan setiap orangtua. Ada empat hal penting yang mesti orangtua perhatikan dalam perkembangan kecerdasan anak. Diantaranya kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan motorik dan kecerdasan komunikasi. Semua itu harus berkembang secara seimbang sehingga kecerdasan anak menjadi maksimal. Dalam melatih motorik anak, haruslah dimulai sejak masih bayi. Berikut ada beberapa cara sederhana dalam merangsang kecerdasan anak, diantaranya:

  1. Bayi 4-6 bulan

Pada usia ini bayi sudah bisa menopang lehernya sendiri sehingga kita tidak perlu khawatir namun harus tetap hati-hati karena tulangnya masih rawan. Bahkan diusia ini. bayi sudah bisa memiringkana badannya ke kiri dan ke kanan, tengkurap dan lain sebagainya. Untuk melatih motoriknya kita bisa menyembunyikan mainan diatas kepala anak dan pindahkan mainan secara perlahan ke sisi lainnya. Hal ini dapat merangsang bayi untuk bisa memiringkan dan menggulingkan badan.

 

  1. Bayi 7-9

Pada usia ini bayi anda pastinya sudah bisa duduk sendiri, merangkak dan bahkan berdiri sendiri. Untuk merangsang si kecil, bunda bisa meletakan cermin di depan anak. Biarkan dia melakukan gerakan mengangkat dan sebagainya. kita juga bisa merangkak bersama dia untuk melatihnya menyeimbangkan badan serta berdirikan bayi sambil di pegang untuk melatih otot kakinya.

 

  1. Bayi 10-12 bulan

Pada usia ini bayi sudah bisa mengangkat dirinya sendiri dan melangkah. Mungkin pada usia ini bayi and asudha bisa mandiri dalam hal duduk, berdiri, berjalan dan lain sebagainya. untuk melatih motoriknya kita bisa meletakan mainan yang bisa dijangkau oleh si kecil. Kemudian beri semangat untuk bisa menggapai benda tersebut sambil menepuk-nepuk lantai. Untuk melatih berjalan, anda bisa mengajaknya berjalan dirumput atau taman agar anak lebih bersemangat.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat merangsang motorik anak. Selain pelatihan yang rutin, anak juga membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk mendukung perkembangannya. Tanpa nutrisi, pelatihan juga tidak berarti. Berikan anak nutrisi yang lengkap dengan memberinya makanan yang sehat dan susu yang tepat. Pilihlah Dancow yang diformulaskan khusus untuk anak sehingga lebih cerdas dan berkembang dengan baik.