Friday, 26 April 2019

5 Hal Inilah Yang Menjelaskan Motorik Halus Dan Kasar

  • Category: Umum
  • Last Updated on Thursday, 26 October 2017 07:23
  • Published on Thursday, 26 October 2017 07:22
  • Written by dhinigilang
  • Hits: 414
  • 26 Oct

Perkembangan-Motorik

Perkembangan motorik merupakan salah satu perkembangan yang sangat penting dalam membentuk karakter, kondisi, dll. Motorik terdiri dari kasar dan halus. 5 hal inilah yang sedikitnya akan menjelaskan motorik halus dan kasar.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan salah satu hal yang tetap pada manusia sampai ajal menjemput. Pertumbuhan memiliki banyak bentuk dan itu ditentukan fase-fase, baik itu umur, kemampuan, lingkungan dan lain sebagainya. Salah satu fase paling pesat dalam pertumbuhan ialah masa anak-anak. Pada masa ini, pertumbuhan akan sangat pesat sekali dan beragam. Salah satu aspek pertumbuhan dan perkembangan ialah perkembangan motorik. Perkembangan ini merupakan cara untuk melihat sejauh mana gerak manusia bisa tumbuh secara sempurna. Motorik dibagi menjadi dua macam, motorik halus dan motorik kasar. Adapun inilah beberapa hal yang mesti diketahui antara motorik halus dan kasar;

  1. Pada umumnya, apabila motorik kasarnya lebih baik dari motorik halusnya akan menjadikan orang atau anak lebih baik dalam urusan olahraga atau yang berhubungan dengan fisik.

  2. Apabila motorik halus lebih baik dari motorik kasar, akan menjadikannya orang yang memiliki konsentrasi tinggi. Misalnya, menggambar pola yang baik, mewarnai tanpa keluar garis dan lain sebagainya.

  3. Pertumbuhan motorik kasar atau halus biasanya memiliki banyak fase, diantaranya; fase balita, fase golden age, fase sekolah dasar, fase remaja dan sebagainya. Nah, dengan berbagai fase tersebut cara meningkatkan motorik pun berbeda-beda.

  4. Fase pertumbuhan motorik yang paling pesat ialah fase anak-anak, baik itu motorik kasar maupun halus. Umur 3 – 4 tahun disebut sebagai golden age atau usia emas dari pertumbuhan. Pada usia itu, anak akan mampu menyerap apapun dengan mudah. Maka, pertimbangkanlah cara mendidik anak di usia tersebut.

  5. Dalam beberapa fase, ada yang dominan pertumbuhan motorik halus, adapula di beberapa fase yang dominan motorik kasar.

 

Dari keempat hal diatas, tentunya perkembangan motorik bisa dipahami dengan baik. Banyak manfaat yang akan di dapat apabila pertumbuhan motorik tersebut bisa berjalan dengan baik. Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa motorik bisa diartikan sebagai gerakan. Nah, gerakan tersebut sebagai hasil stimulasi antara kemampuan otot, otak dan saraf.