Bunda, walaupun WHO menyarankan untuk memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan. Namun, ternyata Dokter diperbolehkan untuk menggunakan susu formula untuk bayi loh… Ya, tentunya adalah karena kondisi medis tertentu sehingga mereka harus menggunakan susu formula. Lalu, kondisi medis seperti apakah itu?

Pemberian Susu Formula untuk Bayi yang Mengalami Galaktosemia

Yang pertama adalah kondisi medis bayi yang mengalami galaktosemia. Kondisi medis ini merupakan gagalnya proses metabolisme tubuh untuk mengubah galaktosa menjadi energi. Seperti yang diketahui bahwa galaktosa adalah salah satu komponen gula yang sering ada di ASI dan susu formula biasa.

susu formula untuk bayi
susu formula untuk bayi

Oleh karena itu, pada kondisi seperti ini biasanya dokter akan memberikan terapi berupa susu formula soya. Susu formula yang satu ini berbahan dasar kacang kedelai sehingga tidak menimbulkan masalah perkembangan tubuh.

Kondisi Bayi Prematur

Kondisi yang selanjutnya adalah bayi prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada usia kehamilan lebih dari 32 minggu dan memiliki berat badan yang kurang dari 1500 gram. Pada kondisi ini, bayi akan membutuhkan banyak sekali lemak, protein, dan kalori dibanding bayi normal.

Di mana ASI prematur belum memiliki kandungan selengkap itu. Oleh karenanya, pemberian susu formula menjadi lebih dibutuhkan. Namun, pemberian ini hanya dilakukan dalam jangka waktu 3 hingga 4 minggu saja.

Bayi Dehidrasi atau Berat Badan Turun Drastis dan Kondisi ASI Ibu Tidak Mencukupi

Susu formula juga diberikan kepada bayi yang mengalami dehidrasi atau mengalami berat badan yang turun secara drastis. Sedangkan produksi ASI oleh ibunya masih sangat sedikit dan kurang. Kondisi ini sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup bayi sehingga Dokter biasanya memberikan susu formula sebagai salah satu terapinya.

Itu dia beberapa kondisi medis di mana bayi Anda yang usianya kurang dari 6 bulan harus diberikan susu formula. Namun, jika tidak kondisi medis seperti di atas maka jangan berikan susu formula untuk bayi Bunda. Berikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan agar tubuhnya lebih sehat.

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *