Belajar animasi bisa dibilang akan mempelajari berbagai konsep tentang gambar bergerak dari produksi film atau televisi. Animasi sendiri pun terbagi menjadi dua keahlian kompetensi yaitu animasi film dan animasi game (interactive animation). Pada dasarnya kamu bisa belajar animasi baik melalui kursus animasi atau dengan berkuliah di jurusan animasi.

Bagi kamu yang sangat tertarik dengan bidang animasi tentu kamu sudah paham dengan adanya visual effect yang biasa digunakan oleh berbagai film sehingga membuat gambar jauh lebih menarik. Nah, dengan belajar animasi kamu akan mengetahui bagaimana membuat animasi dalam proses produksi film.

Namun, disini kamu perlu ingat bahwa terdapat beberapa perbedaan antara animasi dengan bidang lain yang hampir sejenis. Misalnya seperti desain komunikasi visual (DKV). Dapat dikatakan bahwa animasi merupakan salah satu konsentrasi peminatan dalam perkuliahan DKV.

Seperti yang dikatakan di awal bahwa kamu bisa mempelajari animasi baik melalui kursus animasi ataupun melalui pendidikan formal seperti berkuliah di jurusan animasi. Dengan belajar animasi maka kamu akan mempelajari komposisi digital, modelling 3D sculting, screenplay, dan lainnya.

Jelas akan sedikit rumit jika kamu belum terjun ke dalamnya. Tapi, bisa dibilang mempelajari animasi merupakan belajar yang menyenangkan apabila memang pada dasarnya kamu memiliki bakat dan juga hobi di bidang ini. Meskipun begitu, sebelum belajar animasi kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal seperti berikut ini.

kursus animasi
kursus animasi
  • Harus ahli menggambar? Ngga juga!

Banyak yang mempertanyakan hal serupa. Padahal untuk menjadi seorang animator kamu tidak harus jago-jago banget gambar, tapi paling tidak kamu bisa menggambar karena memang memiliki kemampuan menggambar sangat diperlukan untuk menjadi seorang animator. Hal ini tentu berlaku baik kamu yang belajar animasi baik melalui kursus animasi ataupun melalui pendidikan formal.

  • Harus memiliki kreatifitas

Tentu saja hal ini perlu dipersiapkan. Asah kreatifitas kamu dengan berbagai macam hal, cari referensi sebanyak mungkin sehingga bisa mendatangkan sebuah inspirasi untuk kamu. Dengan belajar animasi dapat dikatakan bahwa seorang animator akan dituntut untuk dapat menciptakan suatu tokoh, karakter yang unik dan menarik.

  • Belajar untuk bisa menyampaikan pesan melalui gambar

Menciptakan suatu karya tidak hanya harus menarik melainkan juga harus memiliki pesan penting di dalamnya. Maka dari itu akan sangat penting sekali apabila sebelum mulai belajar kursus animasi atau kuliah animasi kamu harus bisa mengasah skill menggambar kamu selain menjadi menarik juga harus memiliki pesan tertentu dalam gambar tersebut.

Selain itu, kamu juga harus siap jika harus mempelajari bagaimana proses memproduksi sebuah film animasi, riset soal animasi dari karya orang lain, menggambar sketsa atau digital, dan mempersiapkan diri untuk terus belajar menajamkan kemampuan dalam membangun cerita dan memasukkan pesan dalam cerita tersebut.

  • Melatih diri menggunakan software animasi mulai sekarang

Ada banyak sekali aplikasi dan software yang digunakan untuk memproduksi animasi. Mulai sekarang kamu bisa belajar untuk menggunakan berbagai macam aplikasi dan software seperti Auto Cad, Sqirlz Morph, Anime Studio, 3D Studio Max, Maya, Synfig Studi, dan berbagai macam aplikasi dan software lainnya.

  • Mempersiapkan berbagai macam peralatan

Selain mempersiapkan aplikasi dan software kamu juga harus mempersiapkan berbagai macam perintilan peralatan yang dapat menunjang produksi animasi karya kamu sendiri. Mulai dari peralatan menggambar seperti alat tulis, penggaris, kuas, dan peralatan menggambar lainnya.

Kamu juga harus menyiapkan laptop atau PC yang dapat mendukung produksi animasi. Ingat, jangan sampai memilih barang yang salah, kamu harus pintar-pintar memilih peralatan produksi sehingga kamu bisa menghasilkan karya secara maksimal.

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *