Membangun rumah impian tentu tidak dapat dilakukan sendiri karena Anda memerlukan jasa orang yang sudah kompeten di bidang tersebut. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak material yang perlu Anda persiapkan. Selain itu, proses membangun rumah juga memerlukan pengawasan dan waktu yang cukup panjang. Anda dapat mempercayakan rumah impian tersebut dengan menggunakan jasa vendor kontraktor rumah.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Memilih Kontraktor

Vendor kontraktor jumlahnya cukup banyak sehingga Anda dapat bebas memilih jasa tersebut. Namun demikian, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa vendor yang Anda pilih ada baiknya Anda mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan. Berikut merupakan sederet pertimbangan yang harus Anda cermati.

Banyak Direkomendasikan

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan kontraktor rumah yang kompeten yaitu berdasarkan rekomendasi. Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dengan menggunakan cara ini. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui testimony langsung dari orang yang telah menggunakan jasanya. Jika Anda ingin mempunyai referensi lebih luas maka Anda juga dapat mengumpulkan beberapa rekomendasi dari orang-orang atau kerabat Anda yang telah menggunakan jasa kontraktor rumah.

vendor kontraktor rumah
vendor kontraktor rumah

Lama Pengerjaan

Jika Anda sudah menemukan vendor yang akan Anda pilih maka jangan lupa untuk menanyakan durasi pengerjaan proyek tersebut. Hal ini sangat penting karena juga akan berhubungan dengan biaya yang harus Anda keluarkan. Agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari maka Anda juga harus memasukkan lama pengerjaan proyek ke dalam perjanjian.

Untuk mengetahui lama pengerjaan proyek tersebut maka vendor akan memperkirakan dengan melihat beberapa faktor seperti cuaca, luas bangunan, detail bagunan dll. Dengan demikian, bangunan rumah Anda dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan. 

Berbadan Hukum

Anda wajib memilih kontraktor yang sudah memiliki badan hukum. Hal ini pun akan menguntungkan Anda karena Anda juga berhak mendapatkan jaminan hukum jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan kesepakatan. Dengan adanya badan hukum yang melindungi maka bisa dipastikan bahwa kontraktor tersebut resmi sehingga dapat Anda andalkan.

Selain memastikan legalitas kontraktor, Anda juga perlu mencari tahu informasi mengenai kontraktor tersebut. Salah satu cara yaitu dengan mengorek jejak digital, jika tidak ditemukan rekam digital yang buruk atau janggal maka Anda dapat memilikinya.

Sistem Pembayaran

Mengelola finansial yang baik sungguh sangat penting. Oleh sebab itu, Anda pun juga harus menanyakan sistem pembayaran yang akan digunakan. Jika kontraktor menawarkan lebih dari satu cara maka Anda pun dapat memilih cara pembayaran yang praktis dan efisien.

Umumnya, kontraktor akan menawarkan sistem cost and fee dan pembayaran bertahap. Jika Anda menggunakan sistem pembayaran bertahap maka Anda harus membayar uang muka terlebih dahulu sesuai dengan yang ditentukan. Selanjutnya Anda dapat mencicil sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan. 

Garansi

Pilihkan vendor kontraktor yang memberikan jaminan kepada konsumennya. Anda pun juga dapat menunjukkan dengan jelas bentuk jaminan yang akan diberikan. Hal ini disebabkan jenis jaminan yang cukup beragam. Umumnya, jaminan yang diberikan yaitu perbaikan pada bagian bagunan yang rusak.

Master Rumah

Percayakan hunian baru Anda kepada Master Rumah karena telah banyak direkomendasikan. Master Rumah menawarkan jasa mulai dari konsultasi rumahan dan bangunan, desain interior dan eksterior hingga pengerjaan bangunan. Disini Anda tidak hanya sekedar konsultasi namun Anda juga akan mendapatkan solusi mengenai rumah yang Anda inginkan. Master Rumah juga menggunakan material terbaik sehingga bangunan lebih kokoh. 

Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *