Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang saat ini paling diminati. Pasalnya, jurusan tersebut memiliki jenjang karier yang tergolong sangat prospektif di masa depan. Ada banyak sekali prospek kerja teknik informatika yang bisa dipilih setelah lulus di jurusan tersebut. Nah, berikut kami jelaskan beberapa peluang kerja untuk jurusan tersebut:

1.  Bidang Mobile Programmer

Saat ini, perkembangan aplikasi mobile sudah semakin pesat. Buktinya, Ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari kita. Baik itu jenis aplikasi Android maupun iOS.

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Nah, perkembangan inilah yang bisa dijadikan sebagai salah satu kesempatan untuk berkarier di bidang tersebut. Banyak perusahaan yang ingin membuat sebuah aplikasi mobile untuk meningkatkan kualitas layanannya. Seorang lulusan Teknik Informatika, bisa memilih kesempatan untuk berkarier.

2.  Konsultan IT

Seorang konsultan IT banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Terutama perusahaan yang sudah melibatkan komputer dan jaringan internet dalam menjalankan usahanya.

Konsultan IT adalah pekerjaan yang berorientasi pada pemahaman teori dari teknologi. Tujuannya membantu perusahaan agar bisa mengoptimalkan layanan berbasis komputer dan jaringan internet yang dimilikinya.

3.  Software Engineering

Lulusan IT memiliki prospek untuk bisa membuat sebuah perangkat lunak. Tujuan perangkat lunak ini sangat beragam tergantung dari klien maupun perusahaan yang membutuhkannya. Seorang software engineering memiliki dua pilihan, antara bekerja kantoran, atau membuka layanannya sendiri.

Perangkat lunak sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan-perusahaan menengah maupun besar. Pasalnya, perangkat lunak ini mampu mempermudah suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

4.  Seorang Software Tester

Jika ahli dalam merancang sebuah software, seorang lulusan IT juga pasti ahli dalam melakukan tes pada software yang sudah dibuat. Tujuannya untuk mengetahui apakah perangkat lunak yang sudah dibuat bisa berjalan secara optimal atau tidak. Seorang software tester berperan penting untuk mengetahui kualitas suatu perangkat lunak sebelum digunakan.

 Seorang software tester cukup banyak dibutuhkan. Pasalnya, banyak perusahaan-perusahaan, maupun pihak-pihak tertentu yang membutuhkan layanan tersebut untuk mengoptimalkan software yang digunakannya.

5.  Seorang Game Developer

Seorang IT juga berkesempatan untuk terlibat dalam sebuah proyek game developer. Jika Anda memilih passion di bidang tersebut, Anda bisa memilihnya sebagai salah satu pilihan karier yang sangat potensial. Bahkan, Anda juga bisa membuat proyek pembuatan game sendiri yang dibangun bersama tim yang Anda buat.

Industri game di dunia, khususnya di Indonesia, tergolong sudah semakin prospektif. Pasalnya, game tidak hanya sekedar hiburan, juga sebagai salah satu bisnis yang tergolong kompetitif.

6.  Bidang Computer Network

Bidang ini sangat cocok sekali untuk Anda yang memiliki passion di bidang komputer dan jaringan internet. Saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang melibatkan bisnisnya dengan akses internet. Tujuannya agar mudah dalam menjangkau klien maupun customer.

Di sinilah seorang yang ahli di bidang computer network dibutuhkan. Tujuannya yaitu untuk memantau, melakukan maintenance, dan berbagai hal lainnya.

7.  Tenaga Pengajar di Bidang IT

Anda juga akan berkesempatan untuk menjadi seorang tenaga pengajar di bidang teknik informatika setelah lulus nanti. Anda bisa menjadi seorang pengajar formal, maupun informal. Anda bisa memilih bidang tenaga pendidikan sesuai dengan keinginan Anda masing-masing.

Prospek kerja ini juga tergolong cukup potensial mengingat jurusan Teknik Informatika memiliki peminat yang sangat banyak sekali.

Demikian informasi seputar berbagai prospek kerja teknik informatika yang saat ini banyak dicari. Bagi Anda yang tertarik untuk kuliah di bidang tersebut, kini IDS (International Design School) menyediakan jurusan tersebut kepada Anda.

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *