Perkembangan teknologi informasi yang semakin tinggi di era ini membuat ilmu komputer menjadi bidang ilmu yang paling diminati. Salah satu jurusan ilmu komputer yang masih terbilang baru namun sudah memiliki banyak peminat adalah jurusan Sistem Informasi.

Berbeda dengan Teknik Informatika, jurusan ini mengacu pada beberapa hal yaitu ilmu komputer, bisnis, dan manajemen.  Jadi jangan heran apabila Anda juga menemukan mata kuliah ekonomi yang jauh dari ilmu komputer. Untuk Anda yang penasaran dengan Sistem Informasi, berikut ini ada 7 mata kuliah wajib yang dipelajari pada jenjang S1 atau Sarjana:

jurusan Sistem Informasi
Jurusan Sistem Informasi

Matematika

Matematika memang menjadi mata kuliah yang pasti ada di setiap jurusan teknik, termasuk Sistem Informasi ini. Anda nantinya akan kembali diajarkan mata kuliah matematika pada awal perkuliahan. Mata kuliah ini sangat penting untuk memperkuat logika yang Anda miliki.

Algoritma dan Pemrograman

Algoritma dan Pemrograman memang sangat identik dengan kuliah jurusan ilmu komputer. Meskipun tidak sedalam jurusan lain seperti Teknik Informatika, namun Anda tetap akan mempelajari Algoritma dan Pemrograman. Mata kuliah satu ini bisa membantu lulusan Sistem Informasi untuk mendapatkan skill dalam memecahkan masalah sekaligus menemukan solusi untuk mengatasinya.

Sistem Operasi

Sistem operasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang ingin masuk jurusan ilmu komputer. Istilah ini memang sering kita dengar ketika membahas mengenai gadget seperti smartphone maupun PC. Mata kuliah ini membuat mahasiswa lebih paham mengenai sistem informasi yang menjembatani antara software dan hardware, pengelolaan memori komputer, konsep penjadwalan, hingga manajemen input, output dan berkas.

Sistem Informasi Pemasaran

Tidak seperti jurusan Teknik Informatika, jurusan Sistem Informasi akan mempelajari mengenai sistem informasi pemasaran. Anda akan belajar mengenai konsep dasar pemasaran. Jadi nantinya Anda memiliki skill untuk merancang sistem informasi pada bidang pemasaran yang saat ini menjadi bidang penting.

Pengantar Manajemen Umum

Anda akan mempelajari ilmu ekonomi di jurusan ini, namun tidak sedalam jurusan ilmu ekonomi di fakultas ekonomi. Biasanya ilmu ekonomi akan diberikan pada mata kuliah pengantar manajemen umum. Dengan mempelajari mata kuliah ini, Anda bisa mengetahui teori ekonomi dan strategi manajemen yang bisa membantu mengambil keputusan.

Pengembangan Sistem Informasi

Pada awal perkuliahan Anda akan diajarkan pengantar Sistem Informasi. Ketika sudah lulus mata kuliah tersebut, Anda harus melanjutkan ke mata kuliah Pengembangan Sistem Informasi. Pada mata kuliah ini Anda akan mempelajari beberapa hal seperti perencanaan sistem, tinjauan umum pengembangan sistem, analisa sistem, SDLC, dan lain-lain.

Data Mining

Kuliah di Sistem Informasi menuntut Anda untuk memiliki ketelitian tinggi. Pasalnya Anda akan berhubungan dengan data sekecil apapun dalam jumlah yang banyak. Pada mata kuliah Data Mining, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep Data Mining dan menggunakan atau mengembangkannya pada sebuah kasus.

Itulah 7 mata kuliah yang ada pada jurusan Sistem Informasi untuk jenjang S1 atau Sarjana. Jika menjadi lulusan Sistem Informasi, ada banyak sekali peluang kerja yang bisa Anda masuki karena semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga IT. Namun tentu saja Anda harus siap bersaing dengan lulusan lainnya. Skill atau kemampuan merupakan hal penting untuk bersaing di dunia IT.

IDS Digital College membantu Anda untuk mampu bersaing di dunia kerja bidang IT. Tidak hanya lulusan dalam negeri saja, kurikulum berbasis internasional yang dihadirkan juga bisa membuat Anda bersaing secara global.

Kuliah jurusan ini sendiri ada pada STMIK Bidakara yang memang memfokuskan pada pendidikan di bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai IDS Digital College bisa Anda lihat pada website ids.ac.id.

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *