Perkembangan otak si Kecil dipengaruhi oleh beberapa hal seperti genetik dari orang tua dan stimulasi dari lingkungan. Genetik merupakan faktor alami yang didapatkan dari kedua orang tuanya. Sedangkan stimulasi bisa Mam berikan dengan beberapa aktivitas atau pola asuh. Perkembangan otak yang baik dapat membantu cara menjadi anak pintar dan proses belajar si Kecil lebih optimal. Berikut ini beberapa stimulasi yang bisa Mam berikan untuk mendukung proses belajar si Kecil sejak di usia pra sekolah:

Ajak Bermain

Anak-anak masih sangat suka dengan bermain dan belum terlalu memikirkan belajar dalam hidupnya. Namun bermain bagi si Kecil bisa menjadi stimulasi yang membantu mereka mengembangkan kemampuan otaknya. Selain bersama orang tua, Mam juga boleh membiarkan si Kecil bermain bersama teman agar mereka belajar bersosialisasi.

cara menjadi anak pintar
cara menjadi anak pintar

Kenalkan dengan Buku

Buku merupakan jendela dunia dan sumber ilmu yang paling baik. Meskipun sudah masuk ke era digital namun buku masih penting bagi kehidupan si Kecil nantinya. Pasalnya, mengenalkan buku bisa membantu meningkatkan minat bacanya. Selain itu, cerita di dalam buku juga bisa menjadi panutan bagi si Kecil. Oleh sebab itu, penting bagi Mam memilihkan buku yang tepat.

Berikan Mainan Edukatif

Selain bermain di luar bersama teman, Mam juga bisa memberikan mainan edukatif pada si Kecil saat mereka bermain di rumah. Ada cukup banyak jenis mainan yang bisa membantu mengoptimalkan perkembangan otak, termasuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan pemecahan masalah. Contoh mainan edukatif tersebut adalah teka teki silang, puzzle, menyusun balok, menggambar, dan lain-lain. Sesuaikan saja mainan yang akan diberikan dengan usia si Kecil.

Ajak Bereksplorasi

Tips terakhir yang bisa Mam lakukan adalah mengajak si Kecil bereksplorasi. Caranya yaitu dengan berlibur bersama ke kebun binatang, taman bermain, atau yang lain sebagainya. Melalui eksplorasi ini mereka bisa belajar untuk mengenal alam dan lingkungan. Untuk melatih daya ingat dan konsentrasi, tanyakan nama binatang kepada si Kecil setelah perjalanan usai.

Itulah beberapa stimulasi yang bisa membantu si Kecil belajar dengan optimal. Selain cara menjadi anak pintar dalam belajar di atas, Mam juga perlu memberikan nutrisi lengkap dan seimbang. Nutrisi bisa dicukupi dengan makanan bergizi serta susu pertumbuhan yang tepat. Wyeth Nutrition menghadirkan produk susu pertumbuhan untuk mendukung proses belajar si Kecil pra-sekolah dalam varian S-26 Promise GOLD untuk 3 tahun ke atas. Namun jika si Kecil berusia 1-3 tahun, Mam bisa memberikan S-26 Procal GOLD. 

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *