Masa balita merupakan masa dimana perkembangan fisik maupun perkembangan mental si Kecil berjalan dengan pesat. Di masa ini juga otak si Kecil lebih siap ketika menerima berbagai macam stimulasi, misalnya seperti belajar berbicara atau berjalan.

Selain stimulasi, nutrisi dari makanan yang dikonsumsi penting bagi tumbuh kembang anak. Balita membutuhkan lebih banyak asupan lemak sehat serta lebih sedikit serat sehingga berat badan bertambah secara normal. Oleh sebab itu, penting bagi Mam memberikan menu makanan seimbang yang terdiri dari kombinasi bahan berikut ini:

tumbuh kembang anak
Tumbuh kembang anak
  • Karbohidrat

Karbohidrat bisa Mam kenalkan pada si Kecil secara bergantian. Makanan sumber karbohidrat pada umumnya menjadi menu utama misalnya seperti nasi, roti, dan lain sebagainya. Namun Mam juga bisa mengkreasikannya untuk camilan sehat atau bekal sekolah, misalnya dengan membuat donat kentang atau puding roti.

  • Protein

Protein menjadi nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh si Kecil. beberapa sumber protein yang bisa Mam pilih yaitu daging, telur, susu, ikan, dan kacang-kacangan. Mam juga bisa menggabungkan susu dengan kandungan vitamin C tinggi agar zat besi terserap dengan baik.

  • Lemak

Kadar lemak esensial dan gula ternyata juga penting bagi si Kecil, namun bukan sebagai pengganti makanan utama seperti karbohidrat. Makanan mengandung lemak esensial yaitu roti, mentega, kue, minyak, dan lain-lain.

  • Buah dan Sayur

Setiap jenis buah dan sayur memiliki kandungan berbeda-beda, jadi bisa Mam variasikan sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Berikan buah dan sayur dalam bentuk segar atau juga bisa dijadikan minuman jus.

  • Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium sehingga penting bagi si Kecil. Susu pertumbuhan bisa Mam berikan pada si Kecil satu hari dua gelas. Sedangkan produk olahan susu bisa berupa yoghurt dan keju.

Itulah berbagai bahan apabila Mam ingin menyiapkan menu makanan sehat dan seimbang untuk tumbuh kembang anak. Hindari juga makanan yang terlalu banyak minyak, bahan pengawet, atau junk food karena tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. 

Sedangkan susu pertumbuhan yang bisa Mam pilih adalah susu dari Wyeth Nutrition yaitu S-26 Procal GOLD, S-26 Promise GOLD, atau S-26 NutriSure GOLD. Langsung saja kunjungi website wyethnutrition.co.id untuk melihat lebih lengkap informasi mengenai produk Wyeth Nutrition.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *