Pola asuh dan mendidik anak harus dapat dilakukan dengan tepat, sangat penting sekali bagi Bunda untuk mendidik anak sesuai dengan usianya. Pola asuh dan didikan yang bunda berikan pada SI kecil akan memberikan pondasi yang kuat pada masa pertumbuhannya kelak. Oleh karena itu mendidik anak bukanlah perkara yang mudah perlu ketelatenan, konsisten dan juga kesabaran dalam mendidik anak.

Karena setiap anak memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan masing- masing. Apalagi di usia 0-6 tahun merupakan periode emas atau golden age, dimana perkembangan otaknya sangat pesat. Sehingga bagi bunda penting sekali menerapkan cara mendidik anak yang tepat agar perkembangannya optimal.

cara mendidik anak
cara mendidik anak

source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2019-07/3.PNG

Berikut beberapa tips yang dapat Bunda terapkan untuk mendidik anak dengan baik:

1. Memberi contoh sikap yang baik pada anak

Anak merupakan peniru yang ulung sehingga anak pada usia keemasan suku meniru- niru tingkah laku orang disekitarnya. Oleh karena itu bunda sebaiknya menghindari menunjukan sikap yang kurang baik seperti membentak, main tangan dan berkata kasar. Jangan biasakan menakuti dan membohongi Si Kecil agar menurut pada Bunda. Karena dapat terbawa hingga dewasa. Berikanlah contoh perilaku yang baik dihadapanĀ  SI Kecil.

2. Mengarahkan anak dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang

Dalam memberikan arahan pada anak hendaknya dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang, bisa lewat cerita dongeng, lagu ataupun syair yang membuat Si Kecil nyaman, dan apa yang kita ingin sampaikan dapat ditangkap oleh anak. Hindari perkataan kasar dan juga membentak anak, karena akan mengganggu mental anak.

3. Selalu mendengarkan dan memberikan dukungan

Si Kecil sudah pandai bicara banyak hal, hendaknya bunda mendengarkan setiap perkataannya walaupun hal kecil menurut bunda, tetapi bagi anak semua yang dibicarakan merupakan hal sangat penting. Dengan mendengarkan Bunda juga memberikan dukungan kepada anak.

4. Ajari anak untuk saling menghargai, menghormati dan berbagi kepada semua orang.

5. Luangkan waktu bersama anak

Waktu kebersamaan dengan anak tidaklah lama oleh karena itu luangkan cukup waktu untuk anak Bunda.

6. Berikan Rasa Nyaman pada anak

Bunda harus dapat menjadi teman yang baik untuk anak agar anak merasa nyaman dan juga merasa terlindungi. Sehingga anak dapat terbuka dalam segala hal kepada bunda. Sehingga Bunda dapat memberikan perhatian yang tepat.

7. Hindari perkataan jangan

Dalam mengarahkan anak hindari perkataan jangan, tetapi berilah ia penjelasan yang mudah difahami.

Nah, itulah tips cara mendidik anak yang tepat yang dapat Bunda terapkan. Selain didikan yang tepat, memenuhi kebutuhan nutrisi Si kecil sangatlah penting agar tumbuh sehat aktif dan mandiri. Untuk memenuhi nutrisinya bunda bisa berikan susu Dancow Gum yang sesuai usia Si Kecil.

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *