Yogyakarta memang selalu menjadi tempat wisata andalan bagi banyak kalangan untuk menikmati waktu liburan dengan keluarga dan teman-teman. Jogja terkenal akan wisata dan budayanya yang sangat beragam. Tak jarang, banyak para wisatawan lokal hingga mancanegara berkunjung ke Jogja hanya untuk menikmati suasana malam dan juga budayanya. Nah, bagi kalian yang memiliki rencana untuk traveling ke Yogyakarta, 6 tempat wisata berikut ini mungkin bisa kamu masukkan ke dalam list wisata di Jogja. Berlibur sekaligus menambah wawasan budaya Indonesia!

  1. Museum Affandi

Sumber: pinterest.com

Terdapat banyak museum yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Yogyakarta, salah satunya Museum Affandi. Di sana, kamu akan di manjakan dengan beragam seni dan budaya tradisional khas Indonesia. Kamu dapat menikmati berbagai koleksi karya Affandi, pelukis tersohor tanah air. Desain bangunan pada museum nya pun terbilang artsy dan unik. 

  1. Keraton Yogyakarta

Sumber: pinterest.com

Salah satu objek wisata budaya yang wajib kamu kunjungi di kota gudeg ini, yaitu Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Harga tiket masuk yang ditawarkan di tempat ini juga sangat murah meriah, kamu bisa menjelajahi berbagai wilayah esensial di tempat tersebut. Mulai dari beberapa museum, joglo, dan masih banyak hal bersejarah  yang bisa kamu tengok di sana. Objek wisata satu ini bisa menjadi pilihan utama bagi kamu yang belum pernah ke Yogyakarta. 

  1. Museum Ullen Sentalu

Sumber: pinterest.com

Museum Ullen Sentalu menyimpan banyak koleksi sejarah peninggalan dari Kerajaan Mataram. Arsitektur bangunan yang dimiliki museum ini juga terbilang cukup unik karena menyatu dengan alam sekitar. Hawa di museum ini juga sangat sejuk dan asri, sehingga cocok banget buat kamu yang bosan dengan hiruk pikuk kota. Di Museum Ullen Sentalu kamu bisa melihat Ruang Seni, Guwo Selo Giri, Kampung Kambang, Gamelan, Koridor Letja Randa, serta Ruang Sasana Sekar Buwana. 

  1. Monumen Jogja Kembali

Sumber: pinterest.com

Monumen Jogja Kembali atau Monjali ini adalah monumen bersejarah yang di bangun khusus untuk memperingati keberhasilan TNI dalam merebut kembali Jojga dari penjajahan Belanda.  Kini, wisatawan bisa berkunjung ke Monjali dengan mudah. Para wisatawan bisa menaiki bus trans Jogja atau kendaraan pribadi. Bentuk bangunan yang cukup unik di monumen ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

  1. Candi Prambanan

Sumber: pinterest.com

Wisata budaya selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Selain dimanjakan dengan pemandangan ribuan candi yang berjejer di sana, kamu juga bisa menikmati pertunjukkan sendratari Ramayana yang diadakan pada malam hari. Tak cuma itu, kamu juga dapat mengunjungi candi-candi yang ada di sekitar prambanan, salah satunya Candi Ijo. Biasanya tempat ini sering dijadikan spot favorit para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit. 

  1. Malioboro

Sumber: pinterest.com

Setelah puas mengelilingi Yogyakarta, mampir ke Malioboro untuk berbelanja oleh-oleh tidak ada salahnya lho. Di Malioboro, kamu dapat menjumpai berbagai pusat penjualan mulai dari yang modern sampai yang tradisional. Berbagai kerajinan batik, dan toko alat musik tradisional seperti angklung serta suling dapat kamu temui di sana. Mencicipi berbagai kuliner makanan khas Jogja tentunya tidak boleh kamu lewatkan. Mengunjungi tempat pembuatan Bakpia Pathok dan pengrajin batik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan saat ke Yogyakarta.

Itu dia enam wisata budaya di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berlibur dengan pasangan, keluarga dan teman-teman. 

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *