Apakah Anda sudah bertunangan dan akan melaksanakan pernikahan secepatnya? Jika iya, pastikan membedakan cincin tunangan dengan pernikahan, ya! Sebab, keduanya memang tidak sama. Sehingga, Anda harus datang lagi ke wedding ring terpercaya untuk menentukan cincin untuk hari H.

Mungkin, Anda masih dibingungkan dengan perbedaan antara cincin nikah dan tunangan. Baik, jika memang penasaran, yuk, simak terlebih dahulu informasi lengkapnya di bawah ini!

Perbedaan Cincin Nikah dan Tunangan

wedding ring terpercaya
wedding ring terpercaya

Banyak yang masih mengira jika cincin nikah dan tunangan adalah dua benda yang sama. Namun, sejatinya berbeda, apa saja perbedaannya?

Jumlah Cincin

Cincin tunangan biasanya hanya diberikan oleh pihak lelaki pada wanita. Sehingga, jumlahnya tidak perlu sepasang. Namun, sebetulnya memang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Akan tetapi, cincin nikah harus berjumlah sepasang. Hal ini dikarenakan cincin pernikahan adalah bentuk simbolis dua orang yang telah terikat dalam suatu hubungan. Cincin nikah juga menandakan jika seseorang telah menjadi istri atau suami.

Waktu Pemberian Cincin

Cincin tunangan biasanya diberikan ketika momen lamaran. Bahkan, sifatnya tidak lah wajib, sebab, pemberian cincin tunangan tergantung pada kemampuan mempelai laki-laki. Banyak juga proses lamaran yang tidak disertai dengan proses tukar cincin. 

Namun, untuk momen pernikahan, cincin menjadi benda yang wajib diberikan. Jika budget minim, maka pemilihan cincin bisa dengan bahan yang tidak terlalu mahal. Anda bisa mendiskusikannya dengan penyedia wedding ring terpercaya.

Pemakaian Cincin

Pada prinsipnya, perempuan tidak akan mengenakan cincin pernikahan ketika belum melakukan prosesi pernikahan. Sedangkan cincin pertunangan dapat digunakan setelah prosesi lamaran hingga resmi menikah. 

Cincin tunangan boleh disimpan ketika cincin pernikahan telah diberikan. Namun, Anda juga bisa menggunakan tren stacking yakni menggunakan dua cincin dalam satu jari dengan ditumpuk. Wah, menarik, ya!

Posisi dan Status Penggunaan Cincin

Dalam tradisi Barat, penggunaan cincin tunangan dikenakan di jari manis pada tangan kiri. Berbeda dengan cincin nikah yang dipakai di tangan kanan, tepatnya pada jari manis. 

Cincin tunangan menandakan bahwa perempuan sudah memiliki komitmen dalam melangsungkan pernikahan dengan orang yang dicintainya. Akan tetapi, cincin pernikahan adalah tanda bagi pasangan laki-laki dan perempuan telah melangsungkan pernikahan dan akan berkomitmen dalam berumah tangga.

Penggunaan Berlian

Meskipun sifatnya tidak wajib, tetapi cincin tunangan biasanya diberikan berlian pada bagian tengahnya. Ukurannya pun disesuaikan dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Berlian adalah bukti dari kesungguhan pria dalam membuat suatu komitmen dengan pasangan.

Cincin pernikahan sendiri biasanya mempunyai bentuk yang simple sehingga bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, penggunaan berlian pada cincin nikah bukan lah hal yang berlebihan.

Cincin Nikah dengan Berlian, Parang Kusumo

Sudah menjadi hal yang paling diimpikan untuk setiap pasangan dalam melakukan pernikahan yang mewah dan megah. Segala sesuatunya harus diatur sedemikian rupa, termasuk juga untuk pemilihan cincinnya. Untuk hari spesial Anda, ada satu tipe cincin yang sangat direkomendasikan. Bernama Parang Kusumo, cincin ini memiliki bentuk dan model yang eksklusif.

Pada bagian luarnya, terdapat motif batik parang yang sangat khas. Dengan model yang cukup glamour, cincin ini bisa diberikan pada pasangan ketika momen pernikahan. Penambahan tiga butir diamond total 0.300 crt dan 0.256 crt akan membuat pasangan merasa semakin istimewa.

Salah satu tipe cincin dengan kategori Kekaseh ini sangat layak untuk momen pernikahan impian Anda. Motif batik dari penyedia wedding ring terpercaya di Indonesia yang memiliki nilai filosofi tinggi akan mendampingi hidup Anda bersama pasangan selamanya.

Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *