Perhiasan berlian merupakan salah satu jenis perhiasan mahal yang banyak diminati oleh kaum wanita. Hal tersebut tidak mengherankan karena berlian memiliki tampilan yang sangat indah sehingga mampu membuat pesona wanita tampak lebih sempurna. Namun sayangnya masih banyak yang memalsukan berlian karena harganya yang mahal. Jika tidak berhati-hati dalam memilih, Anda bisa saja mendapatkan perhiasan berlian palsu seharga berlian asli. Oleh sebab itu, wajib bagi Anda mengetahui bagaimana cara membedakan perhiasan berlian asli dan palsu sebelum membelinya.

Cara membedakan berlian asli dan palsu sebenarnya terbilang cukup sederhana. Tidak perlu menjadi seorang ahli terlebih dahulu untuk bisa membedakan karena semua orang bisa melakukannya. Langsung saja, berikut ini adalah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membedakan antara berlian asli dan palsu:

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

source: https://www.mondialjeweler.com/uploads/products/thumb-product-mondial-h17008499.png

Hembuskan Nafas Pada Berlian

Cara mengecek keaslian berlian yang pertama adalah dengan menghembuskan nafas pada berlian. Cara yang juga dikenal dengan tes embun ini merupakan cara yang paling mudah dibandingkan lainnya. Anda hanya perlu menghembuskan nafas ke bagian berlian seperti ketika menghembuskan nafas ke cermin. Berlian asli memiliki sifat yang tidak bisa berembun sehingga embun akan segera hilang ketika Anda selesai menghembuskan nafas. Sebaliknya, jika embun bertahan cukup lama maka kemungkinan berlian Anda adalah palsu.

Lakukan Uji Coba dengan Koran

Cara selanjutnya ini tidak kalah mudah dengan tes embun, namun Anda membutuhkan koran atau buku sebagai bantuan. Setelah mendapatkan koran, kemudian letakkan berlian Anda di atas koran tersebut. Berlian asli memiliki struktur yang mampu menghalangi cahaya masuk. Jadi tulisan di koran tidak akan terlihat sama sekali jika terhalangi oleh berlian. Namun jika Anda masih bisa melihat dan membaca tulisan di koran maka bisa jadi berlian tersebut palsu.

Gosokkan Batu Berlian

Menggosokkan batu berlian mungkin cukup berisiko bagi Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa berlian asli tidak akan tergores meskipun digosok berkali-kali. Gunakan amplas kasar untuk menggosok berlian Anda. Apabila ada bekas goresan setelah berlian digosokkan maka bisa dipastikan bahwa berlian Anda palsu.

Lihat Refleksi Cahaya Berlian

Langkah mudah membedakan perhiasan berlian asli dan palsu selanjutnya yaitu dengan memperhatikan refleksi cahaya dari berlian. Berlian asli mampu merefleksikan cahaya dengan baik sehingga terlihat berkilau dari semua sisi. Sedangkan berlian palsu hanya berkilau jika Anda lihat dari atas saja.

Lihat Bayangan Berlian

Banyak orang masih salah mengartikan bayangan berlian asli dan palsu. Pada umumnya, orang-orang menganggap bahwa berlian yang bagus adalah yang memiliki pantulan cahaya pelangi berwarna-warni. Padahal kenyataannya, berlian asli memiliki pantulan warna abu-abu dan putih saja. Jika sebuah berlian memiliki pantulan warna-warni maka Anda patut curiga.

Pastikan Berlian Memiliki Sertifikat

Berlian asli pasti memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa perhiasan berlian tersebut memang benar-benar asli. Otoritas penilaian yang biasanya menilai keaslian berlian dan mengeluarkan sertifikat diantaranya adalah AGSL, GIA, PGGL, dan LGP. Apabila berlian memiliki salah satu dari sertifikat tersebut maka bisa dikatakan berlian yang Anda miliki asli.

Itulah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membedakan perhiasan berlian asli dan palsu. Sangat mudah bukan? Sekarang Anda bisa melakukan pengecekan keaslian berlian sendiri tanpa perlu meminta bantuan ahli. Selain melakukan pengecekan, Anda bisa mendapatkan berlian asli jika membelinya di tempat yang terpercaya. Mondial Jeweler merupakan tempat terbaik untuk Anda yang ingin memiliki berlian asli. Ada beragam koleksi perhiasan yang bisa Anda pilih sendiri sesuai selera. Kunjungi mondialjeweler.com untuk melihat koleksi yang dimiliki.

Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *