Pembuatan estimasi biaya bangun rumah memang mudah. Siapa saja bisa membuatnya. Namun, Anda harus hati-hati dan teliti pada saat membuatnya. Jika salah perhitungan, bisa-bisa persiapan biaya yang asalnya kecil, bisa membengkak menjadi besar. Ada banyak faktor kenapa sebagian orang salah dalam pembuatannya.

Nah, agar Anda tidak salah dalam penghitungannya, berikut akan kami jelaskan cara-caranya kepada Anda:

Biaya bangun rumah
Biaya bangun rumah

source: https://1.bp.blogspot.com/-oX8ckSdtfQ4/XWqCaP3KNYI/AAAAAAAAASY/6wUQIV8RiwQ1EH219ejC3zXTKN8vzFBAwCLcBGAs/s1600/biaya-bangun-rumah-2-lantai-850×500.jpg

1.  Hitung Biaya dengan Sistem Harga Satuan

Untuk melakukan cara ini, Anda harus memerlukan gambar rumah yang rencananya akan dibangun. Setelah itu, siapkan spesifikasi bahan beserta harganya. Setelah itu, rinci juga daftar pekerjaan, kapasitas tukang, dan mendaftar biaya tukang.

Setiap item pekerjaan, harus Anda hitung dengan mengalikan volume harga satuan. Hitung beserta ukuran bangunan.

2.  Hitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Setelah selesai menghitung kebutuhan biaya material bangunan, silahkan Anda hitung jumlah biaya pekerjaan. Caranya sangat mudah, silahkan Anda kalikan volume pekerjaan dengan harga satuan.

Terkait biaya pekerjaan, Anda bisa bertanya langsung kepada vendor yang akan menangani proses pembuatan rumah Anda.

3.  Hitung Biaya Tak Terduga

Ada cukup banyak biaya tak terduga yang mungkin tidak Anda masukkan. Salah satu di antaranya adalah pemasangan instalasi listrik di rumah. Pemasangan listrik biasanya di luar pembuatan biaya bangunan. Anda harus menyisihkan uang untuk hal ini. Karena, pos biaya untuk listrik ini tergolong sangat penting.

Selain itu, hitung juga berbagai biaya tak terduga lainnya yang bisa saja suat waktu harus dikeluarkan.

4.  Survey Harga Material

Untuk mendapatkan estimasi biaya dengan tingkat akurasi tinggi, Anda harus survey harga terlebih dahulu. Silahkan pilih kualitas material yang akan dipilih. Karena, berbeda kualitas, beda juga harganya.

Setelah berhasil mengumpulkan survey harga, silahkan Anda buat catatan sederhana. Jumlahkan berapa kebutuhan material bangunan, lalu hitung berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membelinya.

Dengan perhitungan yang tepat dan akurat, estimasi biaya bangun rumah yang rencananya akan Anda keluarkan tidak akan berbeda jauh dari estimasi yang sudah dicatat. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Karena, dengan mencatat semua biaya yang harus dikeluarkan, anda akan mendapatkan perhitungan yang tepat.

Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *