Bagi mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan atau pun telah berhasil menyelesaikan kuliah pada program Diploma 3 tentu sudah tidak asing lagi dengan banyaknya praktik. Karena idealnya para lulusan Diploma 3 memang dipersiapkan agar dapat langsung bekerja sehingga dapat bersaing pada saat mencari lapangan pekerjaan. Berbeda dengan jenjang kuliah Strata 1 yang lebih banyak memberikan pemahaman secara teori, pada jenjang pendidikan Diploma 3 memang persentase praktik lebih banyak dibandingkan dengan perkuliahan dengan sistem pembelajaran teoritis. Untuk itu bagi para lulusan Diploma 3 yang sudah memiliki gelar Ahli Madya banyak yang memutuskan untuk mengikuti program ekstensi D3 ke S1 untuk menambah pengetahuannya secara teoritis.

Seseorang yang memutuskan untuk melakukan perpanjangan dari jenjang Diploma 3 ke jenjang Strata 1 sesungguhnya sangat beruntung. Mengapa demikian?

program ekstensi D3 ke S1
program ekstensi D3 ke S1

Karena orang tersebut akan memiliki bekal yang sangat mumpuni untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Pada dunia kerja, bekal kemampuan skill baik soft skill maupun hard skill tentu sangat dibutuhkan. Karena seberapapun tinggi nilai akademis mahasiswa apabila tidak diimbangi dengan skill pada bidang tertentu maka akan sia-sia. Seseorang yang memiliki skill pada bidangnya akan mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan yang terjadi pada perusahaan atau organisasi tempat ia bekerja.

Adanya sistem belajar dengan mengedepankan praktek pada saat menempuh perkuliahan jenjang Diploma 3 dapat melatih mahasiswanya untuk membentuk serta mengembangkan skill yang dimilikinya. Sehingga ketika lulus dan menghadapi dunia kerja maka tidak akan merasa kesulitan karena sudah terbiasa dengan praktik-praktik yang banyak dilakukan pada masa perkuliahan.

Selain kemampuan skill pada bidang tertenu, hal lain yang tidak kalah penting dibutuhkan pada dunia kerja adalah pemahaman teoritis secara detail dan mendalam.

Karena sesungguhnya sebelum melakukan pekerjaan dalam bidang apapun akan lebih baik jika orang tersebut memiliki pemahaman secara teori. Sehingga dapat melakukan pekerjaannya secara baik dan ideal sesuai dengan teori yang ada.

Untuk itu sebaiknya lulusan Diploma 3 untuk mengikuti program ekstensi D3 ke S1 sehingga dapat menambah pengetahuan teorinya untuk bekal dalam dunia kerja.

Adanya bekal skill yang diperoleh dari banyaknya praktik yang dilakukan pada masa perkuliahan Diploma 3,  serta penambahan pemahaman teoritis yang diperoleh saat melanjutkan perpanjangan kuliah ke jenjang Strata 1 akan membuat kamu lebih siap lagi untuk menghadapi persaingan dunia kerja

Untuk penunjang lainnya selain bekal skill dan pemahaman teoritis, pemilihan perguruan tinggi juga dapat menunjang kamu untuk lebih mudah bersaing dalam dunia kerja. Sehingga kamu harus memastikan untukĀ  pastikan memilih perguruan tinggi yang memiliki kredibilitas tinggi. Seperti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (STMIK IDS Digital College) yang memiliki kurikulum yang jelas serta memiliki fasilitas sarana dan prasarana dan ditunjang dengan sumber daya manusia yang berkualitas.

Jadi kesimpulannya adalah, dengan mengikuti program ekstensi D3 ke S1 maka kamu akan memiliki bekal secara soft skill dan hard skill serta pemahaman teori secara detail dan mendalam dari dua jenjang pendidikan yang telah kamu ambil tersebut.

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *