Bagi sebagian orang, cincin berlian mempunyai arti yang lebih dari sekedar perhiasan. Selain karena harganya yang mahal, cincin berlian wanita asli memberikan kesan penampilan yang mewah dan elegan bagi pemakainya. Namun seiring waktu, cincin berlian akan mulai usang dan rawan rusak apalagi bila tidak dirawat dengan baik. Salah satu masalah yang sering dihadapi pemilik cincin berlian adalah berlian yang tiba-tiba terlepas dari ring cincin.

Bila tidak disadari, berlian yang terlepas dari cincin akan beresiko rusak atau pun hilang. Salah satu penyebab berlian terlepas dari ring cincin adalah karena penyangga batu atau garpu cincin sudah longgar. Sehingga berlian mudah terlepas begitu saja. 

cincin berlian wanita asli
cincin berlian wanita asli

Resiko berlian terlepas

Sebenarnya cincin berlian wanita asli sudah dibuat dengan desain yang kuat agar berlian tidak mudah terlepas. Namun seiring dengan waktu, cincin bisa menjadi longgar ataupun logam menyusut. Keadaan yang seperti ini membuat berlian menjadi mudah lepas. Selain itu, kegiatan yang dilakukan, terutama yang menggunakan tangan, juga bisa menjadi penyebab berlian mudah terlepas. Model cincin berlian Miss Mondial yang paling aman adalah model bezel setting, dimana berlian disangga oleh logam sekelilingnya. 

Ketahui apakah cincin berlian beresiko terlepas

Mengetahui apakah cincin berlian beresiko terlepas atau tidak memang bukan hal yang mudah. Terkadang kerusakan kecil pada cincin berlian tidak bisa dilihat secara langsung. Cara yang paling mudah untuk mengetahui cincin berlian beresiko terlepas adalah dengan mendorong berlian dengan lembut. Bila berlian terasa bergerak, berarti ada kemungkinan bila penyangganya sudah tidak kuat. Cincin berlian dengan prong setting mempunyai resiko terlepas yang lebih tinggi dibanding dengan model yang lain. Hal ini karena garpu cincin atau prong cincin mudah patah atau bengkok yang membuat berlian mudah terlepas. Bila anda merasa bila berlian pada cincin sudah tidak sekokoh sebelumnya, anda bisa mengecek di toko perhiasan untuk memastikan atau memperbaiki posisi berlian. 

Melindungi Berlian pada cincin

Sebagai salah satu perhiasan dengan harga yang mahal, pemilik cincin berlian tentu ingin memberikan perlindungan yang maksimal. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk melindungi berlian pada cincin agar tidak mudah terlepas. 

  • Perhatikan cara melepas cincin berlian – banyak orang yang melepas dan menggunakan cincin berlian dengan sembarangan. Jangan melepas berlian dengan cara menarik bagian berliannya. Namun lepas dengan memegang bagian ring cincin dengan perlahan. Bila cincin berlian tersangkut di jari, gunakan sabun untuk melepasnya. 
  • Hindari aktivitas fisik ketika menggunakan cincin berlian – Ketika sedang menggunakan cincin berlian, hindari aktivitas fisik yang menggunakan tangan dengan berlebihan misalnya mencuci piring, mencuci baju, berkebun, dan sebagainya. Aktvitas tangan yang intens bisa saja membuat cincin terbentur benda keras sehingga merusak penyangga nya dan menyebabkan berlian terlepas. Selain itu, bila berlian terlepas akan lebih mudah hilang dan susah ditemukan. 
  • Hati-hati ketika membersihkan cincin berlian – membersihkan berlian memang perlu dilakukan untuk membuatnya tetap bersinar dan terlihat indah. Namun anda juga harus melakukannya dengan hati-hati. Hindari menggunakan sikat yang keras karena bisa membuat berlian rawan terlepas. Selain itu, simpan cincin berlian di tempat yang aman dan tidak beresiko terjatuh. Cincin berlian yang terjatuh juga bisa beresiko membuat berlian terlepas karena benturan dengan benda yang keras. Meskipun sedikit ribet, namun dengan penanganan yang tepat, cincin berlian bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.
Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *