Untuk sebagian orang mengenal Istilah digital marketing mungkin baru akhir-akhir ini, dan beberapa perusahaan berusaha mencari calon pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Karena jasa untuk belajar digital marketing ini sudah banyak ditawarkan oleh agensi-agensi independen, salah satunya di International Design School (IDS). Di jaman serba internet ini pemasaran lewat media digital terbilang sangat penting, sebagian orang cenderung fokus menggunakan ponsel pintar nya untuk mengakses berbagai informasi.

Sehingga pemasaran tradisional sudah tak efektif untuk pasar yang sebagian besarnya sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini. Untuk mengetahui cara kerjanya dan apa saja yang bisa kamu lakukan melalui strategi pemasaran ini, ada beberapa jenis pemasaran agar branding dan selling kamu meningkat.

belajar digital
belajar digital

Mengenal Digital Marketing

Istilah Digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa melalui media digital yang bertujuan untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, relevan dan personal. Dan pemasaran digital ini mengkombinasikan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Berbeda dengan pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasaran nya. Jika kamu ingin belajar digital marketing, kamu harus mengetahui terlebih dahulu strategi maupun cara apa saja yang termasuk ke dalam praktik digital marketing. 

Cara Kerja Digital Marketing

Digital Marketing mempunyai banyak kesamaan dengan pemasaran tradisional yang saling menguntungkan satu sama lain. Tetapi Digital Marketing yang lebih efisien, telah menggantikan sebagian besar taktik pemasaran tradisional karena dirancang untuk menjangkau konsumen yang sesuai pada zamannya. Suatu misal kamu ingin membeli rumah dan kebetulan atapnya bocor. Kamu mungkin memulai dengan mencari di Internet untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi, siapa yang menyediakannya, dan apa pilihan terbaik kamu. Karena keputusan pembelian kamu didasarkan pada ulasan yang kamu baca, teman atau orang yang kamu temui, kamu mulai membandingkan dan meneliti fitur, harga dan kualitas.

Untuk pemasaran bisnis kuncinya adalah mengembangkan strategi pemasaran digital yang menempatkan kamu di semua tempat kamu bersosial, lalu gunakan saluran digital untuk terhubung dengan mereka. Apabila kamu mudah di temukan oleh target konsumen, maka kamu akan mudah menjadi pilihan utama mereka.

Cara Untuk Lebih Dekat Dengan Konsumen

Kamu bisa membuat/memberikan konten agar mereka selalu memperoleh berita terbaru tentang kebutuhan mereka. Bisa tentang apa yang menjadi kesukaan mereka, masalah yang mereka hadapi, ataupun cara untuk memecahkan masalah itu.

  1. Kamu bisa memulai eksis di media sosial untuk membagikan konten itu dan kemudian terlibat dengannya sebagai teman dan pengikut. Dengan memberikan Call to Action atau umpan balik di setiap konten yang kamu sampaikan, hal ini penting karena untuk menjalin komunikasi dua arah.
  2. Kamu harus gunakan Search engine optimization (SEO) untuk mengoptimalkan konten kamu. Karena dengan ini konten kamu akan muncul ketika seseorang mencari informasi di mesin pencarian. 
  3. Mencoba menggunakan iklan berbayar atau dari pihak ketiga untuk mengiklankan konten kamu. Karena dengan iklan yang terukur dan terarah, diharapkan akan mempermudah penyampaian konten sesuai dengan tempat dan waktu yang tepat.
  4. Kamu kirimkan Email Marketing kepada audiens atau calon konsumen kamu untuk memastikan mereka terus mendapatkan solusi yang mereka cari. Karena ketika konten yang kita kirim memperoleh respon dari audiens, kamu akan lebih mudah menarik mereka dengan penawaran yang lebih dalam lagi.
  5. Mungkin belajar digital marketing ini terlihat susah untuk memulai semuanya itu dari awal, tetapi akan banyak informasi atau sumber yang membantu kamu mengoptimalkan semuanya.
Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *