Saat ini kita hidup di jaman modern dimana teknologi berkembang dengan pesat. Teknologi internet sudah digunakan di berbagai bidang kehidupan. Dalam dunia perbankan misalnya penggunaan internet sudah semakin meluas. Dengan adanya internet transaksi perbankan sekarang menjadi jauh lebih mudah. Internet juga memungkinkan anda membuka akun deposito online dengan mudah.

Jika anda ingin memiliki masa depan yang cerah, menabung dan berinvestasi harus dilakukan sejak dini. Agar investasi anda aman sebaiknya menggunakan banyak instrumen investasi. Salah satu jenis instrumen investasi yang banyak digunakan adalah deposito di Bank. Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki resiko paling rendah.

deposito online
deposito online

Pengertian deposito

Secara umum yang dimaksud dengan deposito adalah simpanan di bank, dimana penyetoran dan penarikannya dilakukan dengan jumlah dan waktu tertentu. Mereka yang memiliki dana/uang yang tidak terpakai biasanya akan di taruh di bank dalam bentuk deposito. Bunga deposito jauh lebih tinggi dari bunga biasa. Namun denda akan dikenakan bila dana deposito diambil sebelum jatuh tempo.

Jika anda ingin membuka rekening deposito, biasanya anda harus datang ke bank secara langsung. Bank Sinarmas adalah bank swasta nasional yang terpercaya. Bank yang berada di bawah naungan Sinarmas Group ini memberikan kemudahan bagi konsumennya untuk membuka rekening deposito online.

Ciri-ciri khas Deposito

Agar anda mengetahui manfaat dan keuntungan deposito ada baiknya mengerti ciri-ciri tabungan deposito. Tabungan deposito memiliki beberapa ciri yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Minimal setoran, sama seperti membuka tabungan biasa, membuka rekening deposito juga memiliki setoran awal. Tergantung dari bank yang anda pilih, setoran minimal dari tabungan deposito adalah 5 juta rupiah.
  • Jangka waktu simpanan. Dana yang sudah masuk deposito hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu saja. Nasabah biasanya diberi pilihan seperti 1, 3, 6 12 bulan untuk bisa mengambil dana depositonya. Pengambilan dana di luar waktu yang telah disepakati biasanya akan dikenakan sedikit denda.
  • Bunga deposito. Secara umum bunga deposito jauh lebih tinggi dari bunga tabungan biasa karena anda menaruh uang dalam jangka waktu tertentu. Namun anda jangan tergiur dulu dengan bunga yang tinggi karena biasanya deposito seperti itu tidak dijamin oleh LPS.
  • Keamanan deposito. Deposito adalah instrumen investasi paling aman karena investasi jenis ini dijamin oleh LPS dengan beberapa syarat. Pertama bank yang bersangkutan adalah bank yang depositonya dijamin LPS kedua jumlah deposito tidak lebih dari 2 miliar dan bunganya tidak lebih dari 7,5%.

Keuntungan membuka deposito secara online

Saat ini banyak nasabah yang memilih membuka tabungan deposito online karena deposito jenis ini menawarkan banyak kemudahan. Dengan membuka deposito secara online anda sudah tidak perlu ke bank lagi. Untuk membuka rekening deposito online, anda cukup masuk ke akun e-banking anda, lalu pilih buka rekening deposito.

Ada beberapa kolom yang biasanya harus anda isi seperti jumlah deposito, tenor atau jangka waktu, perpanjangan otomatis atau tidak dan lain-lain. Untuk menutup tabungan deposito juga sangat mudah. Jika sejak awal anda sudah memilih deposito non-ARO (tanpa perpanjangan) tabungan deposito anda akan tertutup secara otomatis. Jika sebelumnya anda memilih Roll Over, proses penutupan cukup dilakukan dari internet.

Tabungan deposito secara online merupakan terobosan baru yang memudahkan nasabah membuka rekening deposito. Dengan cara ini, anda bisa memiliki tabungan deposito tanpa harus repot-repot ke bank.

Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *