Desain komunikasi adalah kebalikan dari seorang pelukis abstrak yang berkarya sekehendak kemauannya sendiri. Tanggung jawab seorang desainer komunikasi visual adalah mengembangkan hubungan antara pemirsa dan pesan dari karya tersebut. Maka dari itu sangat penting untuk menuntut ilmu di universitas jurusan DKV.

Sebelum mereka tahu seperti apa bentuk visualnya, seorang desainer komunikasi visual akan mempertimbangkan pesan yang ingin mereka komunikasikan dan bagaimana melibatkan karya mereka secara strategis. Mereka akan mempertimbangkan apa yang akan menarik perhatian orang terlebih dahulu, kemudian asosiasi umum yang dimiliki orang tersebut.

universitas jurusan DKV
universitas jurusan DKV

Dan tak ketinggalan psikologi di balik bagaimana elemen desain dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Mereka membuat desain yang mengkomunikasikan pesan lebih cepat daripada sekedar kata-kata, tetapi memastikan bahwa pesannya juga jelas dan menarik.

Definisi desain komunikasi visual, sederhananya, akan menggunakan visual yang secara strategis mengekspresikan informasi. Ketika kemajuan teknologi membuka peluang industri desain grafis untuk terus berkembang, desain menjadi lebih umum di sekitar kita.

Akibatnya, kualitas desain akan lebih penting daripada sebelumnya, dan membuatnya lebih kompetitif dari sebelumnya. Maka dari itu sangat penting bagi Anda yang ingin berkarir di dunia DKV harus mempertimbangkan dimana harus menuntut ilmu tersebut. Dan di IDS Education Anda pasti akan dituntun menjadi pribadi yang terampil dan selalu berkembang.

4 pekerjaan bisa Anda dapatkan setelah lulus dari Universitas jurusan DKV :

Desain dan Branding Perusahaan

Desainer komunikasi yang memahami nuansa keberhasilan branding bisnis sangat diminati. Setiap perusahaan ingin membangun identitas unik di bidangnya masing-masing dan lebih menonjol dari pesaing mereka. Dengan tujuan untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan basis audiens mereka.

Kemampuan perusahaan untuk diperhatikan oleh lebih banyak orang tentu saja mengarah ke bisnis yang lebih menguntungkan. Jadi jika seorang desainer komunikasi dapat menunjukkan bagaimana mereka memahami hubungan antara desain dan branding, mereka menjadi aset bagi perusahaan yang ingin berkembang.

Promosi dan Periklanan

Banyak desainer DKV bekerja di bidang periklanan. Pekerjaan ini akan mencakup beberapa hal seperti video online dan iklan dengan gambar statis, papan iklan, iklan televisi, dan materi pemasaran seperti brosur, alat tulis, dan kartu nama. Tetapi setiap desainer yang bekerja di bidang periklanan tidak menangani semua jenis proyek ini, jadi banyak yang bekerja di berbagai bidang dan hanya memiliki keahlian di bidang tertentu.

Periklanan, seperti halnya branding, adalah bagian penting dari bisnis apa pun. Bidang ini menuntut kreativitas tingkat tinggi untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar unik dan menarik. Dan tidak lupa sambil memastikan seluruh pesan iklan yang disampaikan tidak hilang.

Desain Website

Internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan banyak orang, dan dengan demikian, situs web baru dibuat setiap hari. Desainer diperlukan untuk membangun situs efektif yang mengalir dengan baik. Kemudian juga memiliki visual yang dapat mengkomunikasikan pesan tertentu, dan berfungsi pada banyak perangkat yang berbeda.

Sebagaimana berlaku untuk sebagian besar bidang desain grafis saat ini, desain web berubah dengan cepat. Dan juga merupakan bidang yang menarik dan kompetitif. Anda dapat direkrut untuk bekerja sebagai perancang untuk satu perusahaan, menjadi bagian dari agensi desain, atau bekerja secara mandiri dan menjadikan klien sebagai freelancer. 

Desain Aplikasi Seluler

Kami terus melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah orang yang mengandalkan smartphone mereka sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Apakah itu untuk media sosial, berita, belanja, atau bahkan pekerjaan. Teknologi tidak ke mana-mana, jadi penting bahwa web seluler dan desain aplikasi terus berkembang.

Desainer aplikasi seluler dapat disewa oleh perusahaan untuk membuat dan mengelola aplikasi perusahaan tersebut. Atau mereka dapat membuat produk mereka sendiri dan menjualnya melalui perusahaan mereka sendiri.

Jenis pekerjaan desain ini membutuhkan banyak keterampilan teknis dan pemahaman. Lebih jauh lagi adalah tentang bagaimana visual muncul di berbagai layar dan dapat memperhatikan pengalaman pengguna. Aplikasi harus menarik secara visual, tetapi juga mudah digunakan.

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *