Tidak ada saat atau usia yang tepat atau pas bagi anak untuk mulai minum susu formula. Setiap anak mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda. Yang penting, susu formula terbaik harus Anda berikan jika sudah saatnya.

Namun, untuk menjawab pertanyaan dalam judul artikel ada beberapa hal yang dapat menjadi pedoman. Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut untuk menentukan saat yang tepat anak akan diberi susu formula.

susu formula terbaik
susu formula terbaik
  • Bayi 0 – 6 Bulan

ASI tetap menjadi makanan dan minuman yang disarankan pada bayi, khususnya saat usia 0 sampai 6 bulan. ASI mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi, termasuk zat yang memberikan kekebalan tubuh.

Dalam kondisi tertentu, terkadang ibu tidak mengeluarkan ASI dengan cukup atau ibu yang sakit. Saat inilah Anda memerlukan susu formula terbaik bagi bayi dengan memperhatikan jenis dan kandungannya.

  • Bayi 6 – 24 Bulan

Bayi dengan usia 6 bulan biasanya sudah mulai diberi MPASI atau makanan pengganti ASI atau makanan tambahan. 

Anda dapat mulai memberi susu formula hanya untuk memperkenalkan saja dalam jumlah sedikit. Kecuali, kondisi tertentu ibu tidak dapat memberikan ASI.

Di sini susu formula hanya sebagai pelengkap bukan makanan utama. Anda harus mengupayakan anak untuk makan utama dan ASI dibandingkan susu formula. Susu formula diberikan untuk membiasakan anak dalam jumlah tepat dan teratur.

  • Anak Usia Lebih 2 Tahun

Anak dengan usia lebih dari tahun umumnya sudah tidak mengkonsumsi ASI.

Ada beberapa orang yang tidak menyarankan susu formula di usia ini karena dianggap sudah tidak membutuhkan susu.

Sebenarnya tidak demikian. Makanan dengan nutrisi tetap lebih utama. Pemberian susu formula akan memberikan nilai lebih. Apalagi tidak semua nutrisi yang dibutuhkan sudah tersedia dalam makanan utama.

Yang terpenting Anda bijak dalam memberikan susu secara tidak berlebihan hingga anak tidak mau makan.

Demikian solusi singkat tentang saat yang tepat Anda memberikan susu formula terbaik. 

Mengenai susu dengan merek yang bagus, S26 dari Wyeth Indonesia dapat menjadi pilihan tepat. Susu S26 terdiri dari berbagai kandungan yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang, bahkan sampai usia 12 tahun. 

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *