Memang tidak ada yang menginginkan celaka saat berkendara, namun jika memang sudah harusnya celaka mau bilang apa lagi. Karena kita tidak tahu kapan kecelakaan terhadap kendaraan kita seperti mobil bisa terjadi, maka dari itu asuransi mobil sangatlah dianjurkan untuk melindungi kendaraan anda. Kecelakaan tidak hanya disebabkan karena kita sendiri bahkan orang lain, tapi juga karena kondisi tepat contohnya seperti di perlintasan rel kereta api.

Banyak kasus kecelakaan mobil tertabrak oleh kereta api. Biasanya mobil tersebut setelah masuk perlintasan mesinnya tiba-tiba mati dan enggan di starter lagi. Mengapa seperti itu?

Sebenarnya penyebab matinya mesin mobil bukan karena kesalahan dari mobil tersebut melainkan karena gesekan antara rel dengan  roda kereta api. seorang peneliti asal dari Surabaya yaitu Dr Ir. Djoko Sungkono mengatakan, gesekan antara roda kereta api dan kedua relnya akan terjadi hambatan listrik atau( Impedansi) dan efek ini bisa terjadi meski mobil masih berjarak 1,5 meter dari kereta api. Efek Impedansi biasanya lebih rentan dengan mobil berbahan bakar bensin, karena mobil seperti ini untuk menggerakan mesinnya menggunakan dinamo untuk menghasilkan medan magnet. Namun ketika mobil berada di atas rel proses ini dihalangi oleh efek Impedansi tersebut. Efek ini tidak akan berpengaruh untuk mobil yang sedang hidup. 

Cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan segera anda keluar dari mobil dan meminta bantuan orang sekitar untuk mendorong. Selain itu anda bisa membunyikan klakson untuk memutuskan aliran listrik untuk menghidupkan kembali mobil anda . Namun jika kedua cara tersebut tidak bekerja lebih baik anda meninggalkan mobil anda. Jika mobil anda sudah tercover dengan asuransi mobil, maka anda tidak perlu khawatir dengan kerusakan yang akan terjadi pada mobil anda.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan segera anda keluar dari mobil dan meminta bantuan orang sekitar untuk mendorong. Selain itu anda bisa membunyikan klakson untuk memutuskan aliran listrik untuk menghidupkan kembali mobil anda . Namun jika kedua cara tersebut tidak bekerja lebih baik anda meninggalkan mobil anda. Jika mobil anda sudah tercover dengan asuransi mobil, maka anda tidak perlu khawatir dengan kerusakan yang akan terjadi pada mobil anda.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *